Bank Mandiri Siap Hadapi ABIF

Jum'at, 09 Januari 2015 - 19:40 WIB
Bank Mandiri Siap Hadapi ABIF
Bank Mandiri Siap Hadapi ABIF
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyatakan kesiapannya untuk menghadapi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF).

"Harus kita lihat potensinya di sana, kaya di Singapura kita sudah jalan. Nanti kita tunggu regulasi, kalau kesempatan sudah masuk, kita akan masuk di ritel," kata Wakil Dirut Bank Mandiri Riswinandi di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Menurutnya, sekarang ini di Malaysia sudah ada ritel remitensi, namun kalau di Singapura house sell ritel belum masuk.

"Nah, nanti kita lihat potensinya lebih ke mana. Terutama di sana kan banyak orang Indonesia yang kerja di sana," ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, perjanjian bilateral yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dan OJK dengan Bank Sentral Malaysia untuk mendukung ASEAN Banking Integration (ABIF) ini merupakan langkah yang cukup bagus.

Riswinandi mengatakan, perjanjian tersebut merupakan kesempatan buat Bank Mandiri untuk melihat lebih dalam bagaimana konsep perseroan untuk melakukan ekspansi di sana.

"Itu kesempatan kami untuk lihat lebih dalam, bagaimana konsep Bank Mandiri untuk ke luar negeri. Kita lihat dulu seperti ada tidak nasabah kita di sana, ada tidak orang kita di sana. Ada tidak orang Indonesia yang bekerja di sana yang butuh dukungan seperti mereka kirim uang di sini, kemudian kirim hasil usahanya ke sini," terangnya.

Pihaknya tidak akan gegabah untuk membuka cabang di Malaysia. Untuk membuka cabang di sana, perseroan harus mempelajari potensi market di negeri jiran tersebut.

"Kalau kita buka baru di sana, kita harus pelajari juga. Kita harus stand allone, bahkan potensi marketnya, investasi harus jelas hitung-hitungannya. Makanya kita tidak mau gegabah, bahkan untuk masuk biaya lokal kita juga harus hati-hati," jelas dia.

Pihaknya berharap, kerjasama antara Malaysia dengan Indonesia dapat berjalan dengan baik.

Bahkan, selain Malaysia diharapkan Indonesia dapat segera menjalin kerja sama dengan Singapura.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4791 seconds (0.1#10.140)