Memanfaatkan Bambu untuk Hunian

Rabu, 14 Januari 2015 - 13:38 WIB
Memanfaatkan Bambu untuk Hunian
Memanfaatkan Bambu untuk Hunian
A A A
Selain ramah lingkungan, bambu merupakan salah satu material yang memiliki nilai estetika cukup tinggi. Karena itu, bambu kerap digunakan sebagai bahan pembuat ornamen untuk mempercantik interior maupun eksterior rumah.

Sifat bambu yang kuat, elastis, dan tidak mudah patah, menjadikannya sangat cocok sebagai material bangunan. “Sementara untuk rumah, kemampuan bambu tidak diragukan lagi. Bahkan dari segi kekuatannya, bambu melebihi kayu. Bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai material untuk memperindah hunian agar lebih ramah lingkungan,” kata Mukoddas Syuhada dari Banten Creative Community.

Desain rumah dengan material bambu juga mampu menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman bagi penghuni. Ini karena bambu mampu menyimpan dinginnya udara malam lalu melepaskannya ketika terkena hawa panas siang hari. Begitu pula sebaliknya saat malam datang, desain rumah bambu mampu memberikan kehangatan. BCC, kata Mukoddas, telah mempersiapkan program penanaman bambu secara nasional sampai dengan tahun 2025 melibatkan kalangan generasi muda.

“BCC akan terus melakukan penelitian terhadap manfaat bambu. Melalui relawan kami dari kalangan mahasiswa akan terus diperkenalkan kepada masyarakat mengenai manfaat bambu,” kata Mukoddas.

Anton c
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)