Pemerintah Tak Bisa Salahkan Pedagang Apel Berbakteri

Jum'at, 30 Januari 2015 - 15:52 WIB
Pemerintah Tak Bisa...
Pemerintah Tak Bisa Salahkan Pedagang Apel Berbakteri
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengatakan, saat ini pemerintah tidak bisa menyalahkan pedagang di pasar tradisional yang menjual apel jenis Granny Smith dan Gala.

Seperti diketahui, kedua jenis apel itu diproduksi oleh Bidart Bros California yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes

Hal tersebut dikarenakan pada umumnya para pedagang buah tersebut tidak mengetahui bahwa buah-buahan yang dijualnya mengandung bakteri dan tidak bisa dilihat secara kasat mata.

"Kemarin itu, kita sudah mendengar adanya apel yang terkontaminasi bakteri. Tapi kita enggak bisa disalahkan pedagang kalau sudah di pasar. Kalau itu ditarik, yang akan rugi pedagang kecil," ujarnya di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Rachmat mengaku memanggil pada importir apel untuk mengklarifikasi masalah ini. Para importir tersebut menyatakan bahwa tidak ada apel asal California yang diimpor ke Indonesia.

"Kita sudah panggil importir, mereka mengatakan bahwa yang masuk ke Indonesia bukan berasal dari California, tapi dari Washington. Nah, yang terkontaminasi juga bukan perkebunannya, tapi pengemasannya," lanjut dia.

Menurutnya, Kemendag dan instansi terkait masih melakukan pengecekan di lapangan hingga saat ini. Jika terbukti ada apel berbakteri yang masuk ke pasar, maka impor tersebut dilakukan secara ilegal.

"Sekarang sedang dievaluasi soal masalah tersebut. Kalau impor apel itu tidak dilakukan berarti kalau ditemukan di pasar, itu produk ilegal, impornya ilegal," tandas Mendag.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)