Pemerintah Disarankan Bangun Kawasan Industri di Jateng

Selasa, 03 Februari 2015 - 12:42 WIB
Pemerintah Disarankan Bangun Kawasan Industri di Jateng
Pemerintah Disarankan Bangun Kawasan Industri di Jateng
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Jababeka Tbk (KIJA) Setyono Djuandi Darmono menyarankan, pemerintah membangun kawasan industri di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Karena, upah minimum di wilayah ini setengah dari upah Jabodetabek.

"Seperti Jababeka membangun kawasan industri di Kendal bareng Semba Corp dari Singapura. Itu gunanya untuk memindahkan perusahaan-perusahaan di Jabotabek terlalu tinggi UMR nya, maka bisa pindah ke sana," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, selain upah yang masih lebih murah dibanding wilayah Jabodetabek, harga tanah di wilayah tersebut juga cukup terjangkau dan infrastrukturnya cukup memadai.

"Itu salah satu contoh. Ya kalau yang lain, di luar pulau itu harus ada kelebihan-kelebihan yang bisa ditawarkan kepada investor," jelas Setyono.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa sembarangan memberikan insentif kepada investor tanpa mengetahui yang diinginkan investor.

"Kita jangan ngarang bikin insentif sendiri. Kita tanya sama yang mau investasi, anda butuh apa. Nah itu kita bisa sesuaikan," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2104 seconds (0.1#10.140)