Antara Kata dan Perbuatan!

Selasa, 03 Februari 2015 - 14:44 WIB
Antara Kata dan Perbuatan!
Antara Kata dan Perbuatan!
A A A
Seorang rekan pernah bertanya kepada saya dalam sebuah diskusi ringan, ”Apakah para pembicara seminar melakukan apa yang selalu ia sampaikan di setiap sesi pelatihan ataupun di media televisi?”

Berhubung saya juga terkadang memberikan beberapa pelatihan, rasa penasaran dari seorang rekan saya dengan menanyakan hal tersebut menurut saya sangatlah wajar dan bisa dimaklumi. Sebenarnya pertanyaan ini pun bukan kali pertama saya mendengarnya, melainkan cukup sering ditanyakan oleh rekan yang lainnya termasuk juga peserta pelatihan.

Saya mencoba berpikir positif, pertanyaan tersebut sama sekali tidak bermaksud menguji apalagi menyudutkan, melainkan pertanyaan itu keluar karena rasa keingintahuan seseorang mengenai hubungan yang erat antara teori dan praktik. Mudah sekali diucapkan, namun terkadang dalam praktiknya begitu sulit dilakukan.

Tidak semua pembicara seminar lantas saya kenal, tapi untuk menjawab pertanyaan rekan saya tersebut, saya mencoba mengambil contoh diri sendiri karena rasanya lebih pantas ketika saya membicarakan diri sendiri daripada mengomentari orang lain/ pembicara lainnya.

Berkata Sesuai Nurani

Ada sesuatu yang pernah saya lakukan dan berhasil pada diri saya, maka saya mencoba untuk bagikan kepada banyak orang entah itu lewat tulisan maupun sesi pelatihan. Lantas apabila ada ihwal tertentu yang saya sendiri pun masih dalam tahap atau proses pembelajaran, tidak segan-segan saya katakan, ”Saya pun sedang belajar untuk lebih baik”.

Mungkin jawaban singkat tersebut cukup dimengerti rekan saya atau sama sekali kurang memuaskan karena toh kembali jawaban saya pun adalah sekumpulan katakata yang mencoba dipahami oleh orang lain. Tidak semua orang bisa memahami, dan kita pun tidak mudah untuk meminta orang memahami apa yang kita pikirkan.

Saya pun belajar, kalaupun kita mendapatkan kesempatan untuk berkata atau berbicara, berkatalah menurut kebenaran dan hati nurani, berbicaralah karena hal tersebut bermakna dan berisi kebaikan untuk orang lain. Ketulusan ataupun kebohongan seseorang dalam berkata akan ditentukan lewat perbuatannya kelak.

Perkataan mungkin bisa menggerakkan atau memacu seseorang untuk berbuat lebih, tapi tanpa perbuatan yang sejalan dengan apa yang dikatakan maka perkataan tersebut tak lebih dari kumpulan kata-kata saja dan menjadi kehilangan semangatnya. Seperti pepatah mengatakan, ” What you do is what matters, not what you think or say or plan, and your words mean nothing when your actions are the complete opposite. ”

Berbuat dengan Tanggung Jawab

Akhirnya orang tidak lagi mendengar apa yang kita katakan, tapi orang akan melihat apa yang kita perbuat dan lakukan di masyarakat. Berkata memang mudah, tapi mempertanggungjawabkan apa yang sudah dikatakan membutuhkan komitmen yang luar biasa dari diri seseorang. Seseorang boleh berucap janji setia bersama pasangannya sampai tua, tapi di tengah perjalanan kadang janji itu sirna dan melirik sosok lain dalam hidupnya.

Seseorang boleh berkata akan bersikap jujur dalam pekerjaan, tapi ketika ”godaan” menghampiri dan ia tidak bisa menghadapinya dengan bijak, kejujurannya mulai perlahan luntur. Apa pun pekerjaan dan jabatan kita saat ini, ada banyak mata yang menanti perbuatan baik kita yang dilandasi dengan tanggung jawab.

Teringat akan sebuah kutipan yang mengatakan, ”DonDont just talk, but Act. Dont just talk, but Act. Dont just Say, but Show. Dont just Say, but Show. Dont just promise, but Prove it !” Kata-kata yang keluar dari mulut kita adalah sebuah janji dan sebuah janji bukanlah untuk dilanggar atau dilupakan, melainkan harus digenapi sampai tuntas.

Pertanyaan sederhana dari seorang rekan mengingatkan saya dan kita semua bahwa apa pun peran kita, apa pun pekerjaan yang kita lakoni sekarang hendaknya apa yang kita katakan dan perbuat dapat sejalan. Mungkin jawaban yang paling efektif dari pertanyaan tersebut adalah perbuatan kita sendiri, tindakan nyata kita dalam keseharian yang baik dan benar. The shortest answer is doing!

MUK KUANG
Professional Trainer,
Speaker Author-Messages of Hope,
Amazing Life,
Think and Act Like A Winner
Email : mukkuang@gmail.com
@mukkuang
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3767 seconds (0.1#10.140)