Pilihan Furnitur untuk Apartemen

Rabu, 04 Februari 2015 - 14:02 WIB
Pilihan Furnitur untuk Apartemen
Pilihan Furnitur untuk Apartemen
A A A
Selalu ada cara menarik untuk membuat dekorasi interior apartemen Anda bisa tampil menarik setiap hari. Built in cabinet, dekorasi batu alam, cermin, dan beberapa dekorasi vintage bisa mempercantik ruang apartemen Anda.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan ruangan menjadi semakin manis. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi built in cabinet . Furnitur ini sangat cocok untuk ruangan yang mementingkan efisiensi dan kerapian. Adanya furnitur ini bisa memberikan kesan ruangan menjadi terlihat lebih lapang. Itu karena desain dan bidangnya dapat terintegrasi dengan ruangan.

Biasanya kabinet ini sering dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom atau bisa juga berfungsi menjadi dinding. “Kabinet seperti built in sangat pas digunakan untuk ruangan yang mungil seperti apartemen. Memang saat melakukan pemasangan harus ada perencanaannya terlebih dahulu. Itu karena sifat furnitur ini sangat menyatu dengan ruangan, maka harus dilakukan pengukuran secara cermat,” tutur desainer interior Susan Octari Yawhan. Benda yang satu ini memang memiliki desain yang customed sehingga Anda jauh lebih fleksibel untuk merancang ide desain ruangan.

Dengan begitu mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Cara paling mudah, misalkan dengan menyesuaikan ukuran besaran rak dengan ukuran barang yang akan disimpan dalam kabinet tersebut. “Memang banyak yang bilang built in adalah kabinet yang paling ringkas untuk diterapkan di ruang kecil. Itu karena melihat dari bahan yang digunakan, yaitu multiplex dengan tingkat ketebalan 12 mm.

Dan, beberapa finishing yang sesuai, biasanya lebih cenderung menggunakan tacon , HPL, tripleks dengan tekstur jati yang dicat melamin,” sebut Susan. Ada yang menarik dari furnitur built in ini, salah satunya ekslusivitasnya. Saat Anda ingin menerapkan furnitur ini, maka yang patut untuk Anda ingat adalah tentukan terlebih dahulu bagian dinding yang ingin di-cover , lalu manfaatkan cerukan yang ada.

Alhasil bila Anda mengikuti penataan yang tepat ruang indah pun akan terwujud. Anda tidak hanya harus terpaku menggunakan built in , penerapan cermin pun bisa membuat kesan ruangan lebih terasa berbeda. Cermin juga bisa menjelma sebagai vocal point untuk ruangan. Cermin juga tidak lagi bisa diletakkan di kamar atau di toilet saja, juga bisa disajikan di ruang publik seperti di ruang tamu dan keluarga. “Kaca atau cermin memiliki sifat yang bisa memantulkan cahaya dan bayangan. Karena itu, aksesori ruangan ini bisa membantu untuk memberikan kesan luas di ruangan yang kecil.

Kadang cermin juga dijadikan panel di bidang dinding atau diletakkan di atas meja konsol,” sebut salah seorang arsitek Denny Setiawan. Cermin dengan kesan dingin dan kaku sangat cocok digunakan di ruang dengan gaya modern atau minimalis, panel kaca juga bisa menambah kesan futuristik di ruangan. Adapun untuk menghilangkan kesan dingin, cermin bisa dibungkus dengan bingkai kayu, kuningan, dan yang lainnya sesuai dengan tema ruangan. “Untuk menambah kesan etnik, kaca bisa dibingkai dengan ukiran dekoratif tertentu, seperti ukiran Jawa dan Bali. Biasanya kaca cermin yang dipakai untuk panel lebih tebal daripada kaca cermin biasa sekitar 8 mm,” sebut Denny.

Bila area ruangan yang tersedia cukup luas, Anda bisa meletakkan bingkai cermin di meja konsol. Menaruh vas bunga dan lampu meja juga bisa membantu memantulkan bayangan di cermin, dan itu akan membuat suasana lebih menarik. Anda pun bisa menyesuaikan dengan material dan warna furnitur kayu di sekelilingnya.

Bukan hanya cermin dan built in , bahan alami seperti batu alam juga bisa menyejukkan pandangan mata saat Anda berada di dalam rumah. Dekorasi batu alam di salah satu bidang dinding ruangan bisa jadi salah satu ide untuk menstimulus otak. Biarkan kealamian batu alam menghias interior ruang favorit keluarga.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3172 seconds (0.1#10.140)