Pengenalan Produk Jasa Keuangan Masih Rendah

Rabu, 11 Februari 2015 - 05:34 WIB
Pengenalan Produk Jasa Keuangan Masih Rendah
Pengenalan Produk Jasa Keuangan Masih Rendah
A A A
SEMARANG - Pengenalan dan penggunaan produk jasa keuangan masyarakat di Jawa Tengah (Jateng) masih rendah. Hal ini disampaikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala kantor OJK Regional 4 Jateng dan DI Yogyakarta, Y Santoso Wibowo mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan otoritas, pengenalan masyarakat tentang perbankan hanya mencapai 37,22%. Sementara masyarakat yang menggunakan jasa perbankan baru mencapai 75,98%.

"Sedangkan untuk lembaga jasa keuangan selain perbankan, pengenalan masyarakat khusunya untuk pasar modal, hanya sebesar 2,32% dengan penggunaan hanya 0,10%," ujarnya di sela-sela pemecahan rekor Muri untuk pengisian teka-teki silang terpanjang tentang Keuangan di Mal Ciputra, Selasa (10/2/2015).

Santoso menjelaskan, rendahnya pengenalan dan penggunaan produk dan layanan jasa keuangan oleh masyarakat karena masih ada persepsi sulit untuk memperoleh produk atau jasa keuangan. Selain itu, faktor pendidikan masyarakat yang masih rendah serta terbatasnya sarana dan prasarana untuk mengakses produk keuangan juga menjadi salah satu kendala.

Dia mengatakan, untuk mendorong peningkatan dan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, baik mengenai OJK maupun produk dan layanan lembaga jasa keuangan, pihaknya melakukan sejumlah kegiatan edukasi yang rutin melalui mobil keliling SIMolek (Mobil Literasi Keuangan).

Untuk tahun ini, lanjut Santoso, pihaknya memfokuskan pelaksanaan edukasi jasa keuangan untuk sekmen, pelajar, mahasiswa dan profesi seperti Guru, Dosen, dan Ibu-ibu PKK.

Dalam rangkaian kegiatan yang dilakukan OJK terdapat kegiatan pemecahan rekor MURI untuk pengisian TTS, terpanjang terkait keuangan. “Dipilihnya TTS, sebagai salah satu program edukasi kepada masyarakat karena permainan yang membutuhkan strategi dan pengetahuan tersebut telah dikenal luas, dan dapat menambah pengetahuan,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4703 seconds (0.1#10.140)