Menperin Saleh Husin Resmikan Festival Jenang Solo

Minggu, 15 Februari 2015 - 17:25 WIB
Menperin Saleh Husin Resmikan Festival Jenang Solo
Menperin Saleh Husin Resmikan Festival Jenang Solo
A A A
SOLO - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meresmikan pembukaan Festival Jenang Solo 2015 di pusat kota Surakarta, Minggu (15/2/2015). Ajang kuliner dan budaya ini merupakan penyelenggaraan keempat, yang berangsung pada 15-17 Februari 2015.

"Jenang merupakan industri kreatif yang perlu dikembangkan. Acara kreatif seperti ini diharapkan jadi contoh daerah lain menciptakan kreasi masing-masing yang memberi nilai lebih," ujar Menperin.

Dia juga mengapresiasi pemerintah kota dan masyarakat Solo karena mampu mendorong pengembangan budaya dan pariwisata. Gerak bersama ini melahirkan lapangan kerja baru dan memutar perekonomian daerah.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan tema tahun ini adalah Kreasi Jenang Bahari. "Jenang menyatu dalam tradsi masyarakat Solo karena merupakan kelengkapan acara sejak proses melahirkan, pernikahan hingga kematian. Ini budaya yang perlu dikenalkan lebih luas dan dilestarikan," ujarnya.

Acara yang juga rangkaian hari jadi Kota Solo ke-270 ini diinisiasi Yayasan Jenang Solo, diramaikan dengan penyajian 32 ribu menu jenang se-Nusantara sekaligus pemecahan Rekor Muri.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7374 seconds (0.1#10.140)