Furnitur dengan Tampilan Natural

Rabu, 18 Februari 2015 - 14:04 WIB
Furnitur dengan Tampilan Natural
Furnitur dengan Tampilan Natural
A A A
Saat ini furnitur dari kayu semakin digemari karena warnanya dapat menghadirkan kesan alamiah dan selalu menarik untuk tampilan interior rumah. Terlebih bila Anda memiliki furnitur kayu warisan nenek moyang, pasti perawatannya sangat diutamakan.

Menata ruangan dengan menggunakan furnitur tentu sudah menjadi kewajiban dalam ranah tata interior. Namun, memilih furnitur yang tepat bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih bila Anda memilih jenis furnitur kayu, pasti banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari luas ruangan, konsep ruangan, fungsi furnitur, desain furnitur, sampai hal yang paling sensitif, yaitu harga.

Menurut desainer interior Susan Oktari Yawhan, sebelum mengisi ruang dengan furnitur, lakukan survei kecilkecilan mengenai ruang dalam rumah yang akan diisi. Perhatikan warna dinding, luas ruangan, tinggi plafon, aksesori ruangan, serta beberapa hal lain yang menyangkut tema yang dipilih, misalkan tema klasik, Mediteranian, minimalis, atau tradisional.

Ruangan yang besar bisa Anda isi dengan beraneka pilihan furnitur. Bila memiliki ruangan cukup besar, Anda bisa membagi beberapa area yang berbeda. Ruangan yang besar bisa memberikan banyak pilihan untuk penataan interior. Namun, jangan lupa pula bila terlalu banyak ruang yang kosong, terkadang dapat menimbulkan kesan “dingin”.

Untuk itu, sebelum Anda menata furnitur untuk interior, alangkah baiknya bila mengenal material natural alias kayu ini. Material mentah yang paling umum digunakan untuk furnitur sampai saat ini adalah kayu. Hampir semua jenis furnitur dapat dibuat dari kayu. Material kayu memiliki kelebihan, yaitu pada tekstur serta gurat kayu yang bagus dan eksotik.

Tidak hanya itu, material kayu juga sangat mudah dibentuk dan diukir supaya dapat menghadirkan hasil yang maksimal. “Finishing -nya sangat beragam, mulai dari melamik, veneer yang menonjolkan serat kayu, hingga duco yang menampilkan warna solid atau lapisan taco yang menyerupai serat kayu.

Harga yang ditawarkan furnitur kayu pun sangat beragam, bergantung desain yang ditawarkannya,” ungkap Susan. Selain itu, bila memakai jenis furnitur ini di ruang yang kerap digunakan anggota keluarga, misalnya meja di ruang keluarga, pastikan Anda menggunakan tambahan kain atau tatakan saat meletakkan makanan panas atau dingin di atas meja supaya tidak merusak lapisan kayunya.

“Hindari penempatan barang yang terbuat dari bahan sintetis atau karet pada permukaan kayu. Karena bahan ini mengandung kimia yang bisa memengaruhi lapisan cat pada perabotan kayu,” saran Susan.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5614 seconds (0.1#10.140)