Nyaman di Peraduan

Rabu, 18 Februari 2015 - 14:41 WIB
Nyaman di Peraduan
Nyaman di Peraduan
A A A
Salah satu ruangan yang bersifat pribadi dalam sebuah rumah adalah kamar tidur. Karena itu, desain kamar harus bersifat menyenangkan dan nyaman bagi penghuninya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur adalah besaran serta bentuk ruangan, posisi kamar tidur, ukuran bukaan pintu dan jendela, tata lampu, tema warna, plus material yang digunakan. Selain hal tersebut, elemen pengisi ruang juga turut berperan, seperti bentuk furnitur, aksesori, pendukung keindahan tampilan kamar.

Bukan hanya bagaimana Anda menciptakan bentuk ruang tidur yang nyaman, pendukung lain bisa ditentukan dari pemilihan tempat tidur yang tepat. Ragam tempat tidur yang dapat digunakan pun beragam, mulai yang bermodel lesehan, berpilar, hingga bertingkat. Tempat tidur lesehan yang langsung ditempatkan tanpa atau dengan alas di atas lantai sangat cocok untuk kamar yang cenderung kecil.

“Jenis tempat tidur ini biasanya disukai oleh remaja atau mereka yang berjiwa muda. Kalau mau ditampilkan yang lebih beda bisa digunakan plywood setinggi 10 cm sebagai alasnya. Ukuran alas boleh tidak pas dengan ukuran kasur, tapi harus dilebihkan sampai ke batas dinding dari kaki tempat tidur,” ujar Susan Oktari Yawhan, desainer interior sekaligus pemilik galeri furnitur Loista.

Bentuk lain yang bisa Anda pilih adalah panel bed yang dilengkapi dengan kasur berukuran variatif. Tempat tidur ini terbuat dari berbagai macam material mulai kayu, metal, bambu, rotan, dengan gaya klasik, etnik, hingga modern kontemporer. Panelnya pun bisa Anda kreasikan dalam beragam bentuk yang fungsional, seperti rak penyimpanan di backhead tempat tidur.

“Memilih tempat tidur harus melihat bagaimana penataan kamar yang diinginkan. Jangan memaksa menggunakan tempat tidur dengan beragam ukiran jika ukuran ruangannya tidak mencukupi karena itu justru bakal memberikan kesan sempit dan terlalu memaksakan,” ujar arsitek Ari Indra.

Kemudian, ada tempat tidur yang memiliki empat pilar penyangga utama, bersusun sorong, susun tangga, berplafon, berkanopi, dan ada yang menyatu dengan tempat penyimpanan. Ada pula bentuk sofa bed yang multifungsi, yang bisa dimanfaatkan untuk ruang terbatas. “Sebagai pelengkap interiornya bisa ditempatkan night stand, side table, dan bench.

Beberapa pelengkap ini boleh ditempatkan di kaki tempat tidur,” tutur Ari. Selanjutnya, soft material seperti bedding set, upholstery, dan tirai yang didesain dengan cermat juga dapat makin mempercantik tampilan kamar tidur Anda. Pilih motif sesuai selera. Hanya, sebisa mungkin motif yang masih ada dalam satu kesatuan tema dengan elemen yang lain.

Tidak hanya itu, kamar tidur yang sejuk dan teduh juga bisa membuat Anda betah berlama-lama berada di dalamnya. AC selalu menjadi kunci utama untuk menyejukkan kamar di kala Anda terlelap pada siang dan malam hari. Selain itu, sekarang ada AC yang mampu membunuh kuman yang ada di dalam kamar.

Terlebih, bila kamar tersebut minim ventilasi yang berguna untuk pergantian udara di dalamnya. “Biasanya bagian rumah yang sering menggunakan pendingin udara adalah kamar tidur. Kamar memang selalu dibuat nyaman karena ruangan ini kerap dijadikan tempat istirahat yang maksimal dan tidak ada gangguan,” pungkas Susan.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)