DPR Duga Ada Permainan Distribusi Beras

Selasa, 24 Februari 2015 - 18:43 WIB
DPR Duga Ada Permainan Distribusi Beras
DPR Duga Ada Permainan Distribusi Beras
A A A
SOLO - Komisi VI DPR RI menduga ada permainan di tingkat distribusi sehingga harga beras dalam beberapa hari terakhir ini melonjak. Untuk itu, pemerintah diminta bertindak tegas.

Anggota Komisi VI DPR RI, Aria Bima mengungkapkan, stok beras saat ini dalam kondisi aman, baik di tingkat pasar maupun Bulog. Semua dalam kondisi melimpah. Atas situasi tersebut seharusnya harga beras tidak meningkat tajam seperti akhir-akhir ini. Sesuai dengan hukum ekonomi, harga beras akan stabil saat stok mencukupi.

"Kita sudah cek di lapangan dan stoknya cukup melimpah. Kita juga sudah koordinasi dengan Bulog dan stoknya aman," ujarnya di Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/2/2015).

Dia menilai ada permainan di tingkat pendistribusian beras ke tingkat pengecer yang mengakibatkan harga beras terus melambung. Menurutnya, pemerintah masih mendeteksi permasalahan yang menyebabkan meningkatnya harga tersebut.

Pendeteksian nantinya akan diketahui cara menangani masalah tersebut. "Saat ini masih kita deteksi permasalahan, yang jelas jika ada yang mempermainkan masalah pangan akan ditindak sesuai hukum yang berlaku," tegas .

Dia menjelaskan, untuk mengatasi masalah ini pemerintah tidak akan melakukan impor beras dari negara lain. Sebab, proses impor tidak akan menyelesaikan masalah dan justru akan menambah masalah baru.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2989 seconds (0.1#10.140)