Ekspresi Warna Cat Rumah

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:22 WIB
Ekspresi Warna Cat Rumah
Ekspresi Warna Cat Rumah
A A A
Memilih warna dinding pada hunian tidak boleh dilakukan asal-asalan karena penentuan yang tepat akan membuat rumah tidak hanya tampak indah, juga nyaman untuk ditinggali. Warna dinding rumah juga dapat memengaruhi mood ataupun kondisi kejiwaan Anda dan keluarga.

Warna dinding hunian mengekspresikan kepribadian diri Anda dan keluarga yang sesungguhnya. Warna juga memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan menyeimbangkan emosi, serta dapat menciptakan keselarasan di ruang-ruang dalam rumah. Karena itu, memilih warna dinding rumah merupakan sebuah hal yang penting untuk dipikirkan secara masak-masak.

Penentuan nuansa yang tepat tidak hanya membuat rumah tampak indah, juga nyaman dan betah untuk ditinggali Anda dan keluarga. Hal itu juga diakui desainer interior Aghnia Fuad. Menurut dia, pemilihan warna di suatu ruangan bisa menghidupkan ruangan tersebut dan menciptakan rasa nyaman kepada penghuninya.

“Desain interior yang ideal adalah yang bisa menampung semua kebutuhan dari pengguna ruangan tersebut. Pemilihan warna tertentu dapat mengoptimalkan fungsi dari suatu ruangan,” ujarnya.

Pada 2015 ini, secara keseluruhan, sepertinya warna cat dinding kebiruan mengarah ke toska akan semakin diminati untuk menghiasi interior. Dia mengatakan permintaan dari penghuni rumah untuk cat warna tersebut semakin banyak. “Meskipun begitu, warna-warna netral seperti krem, putih, abu-abu, dan sebagainya juga tidak pernah mati,” kata Aghnia.

Dengan begitu, menurut Aghnia, banyak orang yang mengombinasikan warna-warna tersebut pada tahun ini untuk menceriakan ruanganruangan di rumahnya. Khusus untuk dinding ruang makan, dia menyarankan sebaiknya tidak menggunakan warna dasar melainkan memakai warna merah sebagai aksen ruangan.

Warna merah diyakininya dapat menambah nafsu makan dan menghidupkan ruang makan tersebut. “Untuk ruang tamu, gunakan warna-warna yang lebih hangat untuk menyambut tamu, seperti warna biru dan kuning muda atau lembut,” ujar Aghnia.

Menurut dia, desain interior suatu rumah juga harus disesuaikan dengan karakter dari pemilik rumah. Untuk seseorang dengan karakter yang bersemangat dan aktif bisa banyak menggunakan warna-warna seperti merah dan kuning.

Sementara itu, Francis Surjaseputra, desainer interior pendiri PT Axon Sembilan Puluh, mengatakan, warna yang menjadi tren pada tahun ini diperkirakan masih belum terlalu berubah dari tahun lalu. “Ke depan warna ungu dan jingga masih akan bertahan, namun dalam perkembangannya akan cenderung memerah,” ujarnya.

Rendra hanggara
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8158 seconds (0.1#10.140)