Kemenkeu Selenggarakan Kick Off Akuntasi Berbasis Akrual

Rabu, 04 Maret 2015 - 11:14 WIB
Kemenkeu Selenggarakan Kick Off Akuntasi Berbasis Akrual
Kemenkeu Selenggarakan Kick Off Akuntasi Berbasis Akrual
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Kick Off Implementasi Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual. kegiatan ini merupakan momentum awal penerapan implementasi akuntansi pemerintahan berbasis akrual.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menerangkan, kegiatan ini juga akan menciptakan semangat dan komitmen kuat pada pimpinan kementerian megara/lembaga terhadap implementasi akuntansi pemerintahan berbasis akrual dengan tetap mempertahankan peningkatan kualitas pelaporan keuangan.

"Momentum ini menjadi langkah penting bagi pemerintah dalam menyediakan informasi yang lebih baik terutama dalam menyajikan informasi terkait pengukuran kinerja pemerintah," ujar dia di Aula Mezzanine, Kemenkeu, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Hal ini disebabkan akuntansi berbasis akrual tidak hanya dapat menghasilkan nilai beban yang telah dibayarkan pemerintah, namun seluruh beban yang diperlukan sehingga biaya pelayanan publik dapat dihitung lebih wajar.

"Dengan demikian, pengelolaan keuangan negara dapat dikelola secara lebih tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif dan transparan dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan UUD 1945," ujar Mardiasmo.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Kick Off Implementasi Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual ini, pertama untuk menciptakan momentum awal penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah pusat.

Kedua, menumbuhkan komitmen para pimpinan kementerian negara/lembaga untuk menerapkan akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Ketiga, menciptakan sinergi dalam penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)