Ekonom: Harga Serba Naik Akan Dorong Inflasi

Sabtu, 07 Maret 2015 - 11:25 WIB
Ekonom: Harga Serba Naik Akan Dorong Inflasi
Ekonom: Harga Serba Naik Akan Dorong Inflasi
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi Lana Soelistianingsih berpendapat, naiknya harga kebutuhan secara bersamaan akan berdampak pada inflasi.

Namun demikian, Lana memproyeksikan bahwa kenaikan harga beras, bahan bakar minyak (BBM), elpiji 12 kilogram (kg), menyusul listrik, tol dan tiket kereta tersebut tidak terlalu besar dan masih bisa dikendalikan. Hal itu karena dibantu akan adanya panen beras pada Maret hingga April ini.

"Saya kira nanti memang ada kenaikan (inflasi), tapi tidak terlalu besar karena diperkirakan Maret-April ada panen. Nanti diperkirakan harga beras turun kalau memang betul dan bisa mengkompensasi kenaikan lainnya, sehingga total inflasinya tidak besar kalau memang ada," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Sabtu (7/3/2015).

Dia menuturkan, naiknya harga BBM jika bisa harus dikompensasi terhadap panen beras."Lumayan itu kalau pemerintah berhasil mengompensasi," imbuh dia.

Sementara tarif listrik yang akan naik April 2015, menurut dia, pengaruh ke inflasinya kecil karena naiknya tidak begitu besar, hanya sekitar 0,2%-0,3%.

Namun demikian, untuk total proyeksi inflasi ke depannya, Lana mengakui belum bisa memproyeksikan angkanya lantaran naiknya harga hampir bersamaan.

"Kita belum hitung (angka inflasi) karena banyak kenaikan, gas elpiji, BBM juga naik, ini karena masih awal. Biasanya minggu ketiga kita baru confirm. Sampai sekarang itu, kira-kira ada inflasi sebesar 0,02%," pungkas Lana.

Sekadar informasi, pada Januari-Februari terjadi deflasi 0,61%. Adapun deflasi pda Februari sebesar 0,36% merupakan deflasi Februari tertinggi yang pernah terjadi dalam 50 tahun terakhir.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7201 seconds (0.1#10.140)