Kereta Bandara Soetta Ditargetkan Selesai April 2016

Senin, 09 Maret 2015 - 17:56 WIB
Kereta Bandara Soetta Ditargetkan Selesai April 2016
Kereta Bandara Soetta Ditargetkan Selesai April 2016
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) II menyampaikan proyek pembangunan kereta api Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan selesai pada April 2016.

Direktur Utama PT AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, proses pembangunan kereta ke Bandara saat ini dalam tahap pembebasan lahan dan sudah sampai penyelesaian.

"Sekarang sudah proses penyelesaian pembebasan lahan. jalur yang dibangun ini menghubungkan Stasiun Manggarai, Batuceper, lalu ke Bandara Soekarno-Hatta. April 2016 ditargetkan sudah selesai semuanya," ujarnya seusai acara penyerahan program monumental bina lingkungan senilai Rp4,2 miliar dari PT Angkasa Pura II ke Pemkot Tangerang dan Pemkab Tangerang, Senin (9/3/2015).

Dia juga menerangkan bahwa proses pembebasan lahannya telah diselesaikan Pemkot Tangerang. Namun, hal itu sempat mendapat bantahan dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. "Bukan kita, tetapi PT KAI," imbuhnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Said Endra Wiyanto mengatakan, pembangunan jalur kereta api oleh PT Kereta Api Indonesia akan akan dimulai pada bulan Juni. "Intinya tahun ini sudah akan dimulai pembangunan dan bukan sekadar wacana lagi," kata dia.

Perlu diketahui, pembangunan jalur rel kereta api sepanjang enam kilometer dari Stasiun Batuceper hingga Bandara Seokarno-Hatta telah dimulai sejak November 2014.

Kini, pembangunan telah berjalan dan dalam proses pondasi tiang pancang dan kabel bawah tanah. Rel kereta api bandara merupakan rangkaian pembangunan kereta Api Manggarai, Jakarta Selatan sepanjang 30 kilometer.

Adapun untuk pembangunan konstruksinya stasiun di atas lahan 7.200 meter persegi dilakukan pada Juni 2015 hingga akhir tahun dan 2016 mulai dioperasikan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7052 seconds (0.1#10.140)