Harga Serba Naik Timbulkan Efek Domino bagi Masyarakat

Selasa, 10 Maret 2015 - 06:11 WIB
Harga Serba Naik Timbulkan Efek Domino bagi Masyarakat
Harga Serba Naik Timbulkan Efek Domino bagi Masyarakat
A A A
JAKARTA - Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok membuat masyarakat menjerit. Kenaikan harga, mulai dari elpiji 12 kg, bahan bakar minyak (BBM) hingga harga beras yang tak terkendali dalam beberapa pekan terakhir, memberikan efek domino terhadap masyarakat.

"Kalau dilihat dari kenaikan yang berbarengan gitu, ada efek domino yang membebani kebutuhan masyarakat seperti yang saya rasakan sekarang. Meskipun yang naik satu, tapi efeknya ke semua. Apalagi ini yang naik banyak," ujar Sintya Herisman (26), salah seorang warga di bilangan Cinere, Depok, Jawa Barat, ketika dihubungi Sindonews, Senin (9/3/2015).

Wanita yang memiliki usaha dompet ini menuturkan, pengeluaran sehari-hari keluarganya bertambah, mulai dari hal yang kecil Rp1.000 hingga Rp10.000. "Itu untuk belanja harian dan buat makan saja. Belum yang lainnya. Kalau dijumlah lumayan besar," ujar Sintya.

Jika dikalkulasi per bulan, kata ibu dua anak ini, penambahan pengeluaran bisa sampai ratusan ribu rupiah. "Bisa lebih dari itu. Mengingat saya kan juga punya anak yang minum susu kaleng. Jadinya, pasti naik harga susunya kalau BBM naik. Itu perkiraan saya. Seperti efek domino saja. Pengaruhnya ke yang lain," tandasnya.

(Baca: HT Memandang Rangkaian Kenaikan Harga Bingungkan Masyarakat)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6630 seconds (0.1#10.140)