Memilih Produk Cat Berkualitas

Rabu, 11 Maret 2015 - 11:15 WIB
Memilih Produk Cat Berkualitas
Memilih Produk Cat Berkualitas
A A A
1. Memakai indra sentuh jari. Pertamatama celupkan jari tangan ke dalam cairan cat yang kental, kemudian angkat.

Gosokkan jari yang terkena cat ini dengan jari yang lainnya. Rasakan teksturnya. Apabila cat terasa lembut dan tidak lengket, berarti cat tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

2. Cat tidak mengandung timbal dan merkuri. Timbal pada cat berada di pigmen warna sehingga memungkinkan cat menghasilkan warna-warna yang cerah. Sementara merkuri berfungsi sebagai zat antijamur. Bahaya yang ditimbulkan oleh kedua zat ini hampir mirip seperti bahaya seseorang yang bekerja di area pertambangan. Anda bisa merasa pusing, mual, bahkan mampu merusak fungsi ginjal apabila terus menghirup bau yang ditimbulkannya.

3. Hindari cat yang mengandung ppAC. Kandungan ppAC pada suatu cat berguna sebagai daya rekat. Namun, kualitas yang dimiliki oleh ppAC tidak sebagus perekat cat lainnya. Akibatnya, cat mudah mengelupas terutama jika terkena air. Selain itu, jika terkena sentuhan juga akan meninggalkan bekas.

4. Terdapat green label pada kemasannya. Green label merupakan sertifikat internasional sebagai penanda suatu produk ramah lingkungan. Label ini biasanya terdapat di kemasan kaleng dan mudah ditemukan. Green label menjamin bahan-bahan cat aman bagi seluruh penghuni rumah.

5. Pilih cat yang mengandung pure elastomeryc polymer acrylic. Karena mengandung zat akrilik, produk cat ini memiliki gloss tinggi dan biasa dipakai pada interior dan eksterior rumah. Kandungan zat ini juga membuat cat memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat seperti ini cocok digunakan pada permukaan beton, hardboard, plesteran, tripleks, batako, dan asbes.

6. Pilih cat eksterior yang mengandung UV protection. Kondisi eksterior yang ekstrem membuat cat cepat memudar. Di sinilah fungsi zat pelindung dari sinar ultraviolet yang mampu melindungi warna dari sinar matahari langsung dan air hujan.

7. Cat tahan noda dan mudah dibersihkan. Pastikan Anda membeli cat yang menjamin kualitasnya tahan terhadap noda dan minyak. Cat seperti ini cocok digunakan untuk rumah yang ada anak kecil ataupun hewan peliharaan. Selain itu, cat yang mudah dibersihkan juga akan memudahkan Anda dalam merawatnya.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9244 seconds (0.1#10.140)