Sofyan Akan Gelar Rakor PPN Tarif Tol 10% Sore Ini

Jum'at, 13 Maret 2015 - 16:09 WIB
Sofyan Akan Gelar Rakor PPN Tarif Tol 10% Sore Ini
Sofyan Akan Gelar Rakor PPN Tarif Tol 10% Sore Ini
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil sore hari ini akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan beberapa pihak terkait untuk membahas Pajak Penambahan Nilai (PPN) tarif tol.

Beberapa menteri yang rencananya akan hadir antara lain Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Berdasarkan pantauan Sindonews, sampai berita ini diturunkan, Menko Perekonomian Sofyan Djalil belum memberikan statement apa pun terkait rakor tersebut lantaran masih mengikuti rapat bersama Presiden di Istana Negara.

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memastikan pengenaan PPN sebesar 10% akan berlaku mulai 1 April 2015. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk dikaji lebih dalam lagi.

Menurutnya, hal ini tidak akan berpengaruh pada biaya logistik. Misalnya, tarif tol Jagorawi yang hanya Rp5.000, sehingga 10 persennya hanya Rp500.

"Enggak (pengaruh) kan kecil kenanya," ucap Mardiasmo saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2015).

Selain itu, pengguna jalan tol kebanyakan orang berada secara finansial. Terlebih ini sebagai salah satu upaya untuk mencapai target pajak Rp1.244,7 triliun dalam APBN Perubahan 2015.

"Kan jalan tol bukan hanya pedagang, konsumen jalan tol banyak orang kaya. Kalau semuanya dibatasi, bagaimana upaya pemerintah untuk meningkatkan penerimaan," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8601 seconds (0.1#10.140)