Cara Pemerintah agar Pemenang Lelang Migas Berkomitmen

Rabu, 18 Maret 2015 - 13:54 WIB
Cara Pemerintah agar Pemenang Lelang Migas Berkomitmen
Cara Pemerintah agar Pemenang Lelang Migas Berkomitmen
A A A
JAKARTA - Pelaksana tugas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmadja mengatakan, pemerintah berusaha agar para pemenang lelang wilayah kerja (WK) migas terus berkomitmen.

Usaha ini selain harus membayar signature bonus ke pemerintah, mereka juga harus menyampaikan action plan perusahaan yang nantinya dijadikan program kerja mereka.

"Mereka harus membayar bonus tanda tangan dulu di depan. Terus mereka nanti harus menyampaikan kepada kita action plannya, dan kita monitoring terus. Sehingga tidak ada yang diam saja," ujarnya di Kantor Ditjen Migas Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Jadi, lanjut dia, pemerintah terus melakukan pemantauan terhadap perusahaan-perusahaan tersebut meski sudah membayar signature bonus. Biasanya, seperti yang terjadi sebelumnya, ada perusahaan yang membayar telat dari waktu jatuh tempo. Bahkan beberapa ada yang bermasalah.

"Ada beberapa yang malah mengalami masalah. Kalau sekarang, sebelum tanda tangan kontrak harus bayar dulu bonusnya. Kalau tidak bayar ya tidak ada kegiatan tanda tangan kontrak. Itu menunjukan kesungguhan dan bonafiditas perusahaan yang menang lelang," jelas Wiratmadja.

Sementara untuk action plannya, Ditjen Migas Kementerian ESDM akan merencanakan pada April tahun ini. "Rencana kita April 2015 tanda tangan kontrak atau paling tidak, pada acara IPA bisa dilakukan di sana juga tanda tangan kontraknya. Opsinya seperti itu," pungkas dia.

(Baca: Banyak Blok Baru, Cadangan Migas RI Bertambah)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7027 seconds (0.1#10.140)