AGM Lakukan Multifungsi Kanal

Jum'at, 20 Maret 2015 - 08:40 WIB
AGM Lakukan Multifungsi Kanal
AGM Lakukan Multifungsi Kanal
A A A
JAKARTA - PT Antang Gunung Meratus (AGM) melakukan multifungsi kanal batubara yang dibangun perusahaan di kawasan Candilaras Utara, Kab Tapin, Kalimantan Selatan.

Selain digunakan untuk pengangkutan batu bara, kanal tersebut juga digunakan warga lokal untuk berbagai kepentingan produktif. “Masyarakat sekitar mengakui bahwa keberadaan kanal ini memberi dampak yang positif, terutama bagi perekonomian masyarakat yang bermukim di sekitar kanal tersebut,” ujar Deputi Eksternal Affair PT Antang Gunung Meratus Budi Karya dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Dia mengatakan, dengan adanya kanal tersebut, lahan yang sebelumnya tidak dapat digunakan kini mampu dihidupkan kembali dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kanal perusahaan merupakan normalisasi dari Sungai Muning (Sungai Mati) sepanjang 16 kilometer yang sempit dengan kedalaman 1,5 meter yang tadinya hanya dapat dilalui oleh kapal-kapal kecil.

Setelah dinormalisasi, sungai tersebut kini dapat dilalui kapal pengangkut batubara berukuran 180 kaki dengan kedalaman 2-3 meter. Tak hanya itu, masyarakat pun dapat menggunakan Sungai Muning untuk pengangkutan menggunakan kapal yang lebih besar.

PT Antang Gunung Meratus yang merupakan anak perusahaan PT Baramulti Sukses Sarana Tbk (BSSR), perusahaan pertambangan batu bara pemegang Perjanjian Kerjasama Penambangan Batubara (PKP2B), berinisiatif untuk mengembangkan kanal sebagai sarana pengangkutan batu baranya untuk meminimalkan kerusakan jalan di sepanjang jalur tersebut.

Anton c
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3334 seconds (0.1#10.140)