Rachmat Gobel Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Rabu, 01 April 2015 - 12:06 WIB
Rachmat Gobel Pastikan...
Rachmat Gobel Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel memastikan harga kebutuhan pokok akan tetap stabil pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pekan lalu.

Seperti diketahui, pekan lalu pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan harga BBM jenis premium dan solar sebesar Rp500 per liter. Kenaikan tersebut dipicu melonjaknya harga minyak dunia dan depresiasi rupiah belakangan ini.

"Selama ini masih stabil. Beberapa produk masih stabil, seperti beras misalnya stabil," tuturnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Dia mengakui, pedagang di sejumlah daerah ada yang mencoba menaikkan harga barang kebutuhan pokok. Namun pemerintah tetap berkomitmen untuk menjaga harga agar tetap stabil.

"Memang mungkin ada beberapa daerah yang mencoba menaikkan harga, tapi pemerintah berkomitmen untuk menjaga harga kebutuhan bahan pokok di pasar saat ini. Kita akan terus pantau harga di pasar," kata Rachmat.

Seperti diberitakan sebelumnya, keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM Rp500 ribu per liter pekan lalu membuat para pedagang sayur melakukan ancang-ancang untuk menaikkan harga barang.

Ditemui Sindonews, Yatmi seorang pedagang sayur di PD Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta mengaku hingga saat ini belum ada kenaikan harga pasca harga BBM kembali dinaikkan. Namun, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat harga barang akan dinaikkan.

"Kalau sekarang belum naik (harga sayur). Mungkin besok-besok udah dinaikkan kali," tuturnya kepada Sindonews baru-baru ini.

(Baca: BBM Naik, Pedagang Sayur Ancang-ancang Naikkan Harga)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1024 seconds (0.1#10.140)