Ini Penyebab Bandara Soetta Kalah Saing dari Changi

Kamis, 02 April 2015 - 12:28 WIB
Ini Penyebab Bandara Soetta Kalah Saing dari Changi
Ini Penyebab Bandara Soetta Kalah Saing dari Changi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, tidak adanya bank infrastruktur di Indonesia membuat bandara Soekarno Hatta (Soetta) kalah saing dari Changi Airport, Singapura. Padahal, bandara Soetta masih lebih muda umurnya dibanding Changi Airport.

"Bandara Changi lebih tua dari Soekarno Hatta tapi mampu menyandang predikat bandara terbaik di dunia.‎ Sedangkan Bandara Soekarno Hatta, usianya lebih muda tapi kualitasnya kalah jauh," tuturnya di Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Dia mengatakan, tingginya kualitas infrastruktur Singapura lantaran pemerintahnya memiliki kesadaran untuk mengembangkan infrastruktur di negara tersebut. Sementara di Indonesia, anggaran infrastruktur masih sangat minim dibanding anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, bobroknya infrastruktur di Indonesia akibat industri perbankan masih belum minat untuk membiayai pembangunan infrastruktur dan lebih berorentasi pada laba.

"Kalau di Indonesia, waktu dulu tidak berpikir seperti itu. Perbankan lebih berorientasi pada RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) agar ketika RUPS dia bisa melaporkan laba tanpa peduli bagaimana kondisi infrastrukturnya terbangun atau tidak," papar dia.

Karena itu, dia menyayangkan hal tersebut. Menurut dia, jika sejak dulu masalah infrastruktur menjadi prioritas maka infrastruktur di Indonesia, termasuk bandara tidak kalah bersaing dengan Singapura.

"Sekarang bisa saya katakan, kita hanya bisa menyesal karena kita lihat Bandara Sokarno Hatta yang lebih muda dari Changi Airport‎, ternyata kualitasnya kalah. Kita hanya bisa menyesal kenapa ketika dulu ekonomi Indonesia sedang baik tidak membangun infrastruktur yang banyak dan baik," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6294 seconds (0.1#10.140)