Gerai PELNImart Perdana Dibuka di Manokwari

Jum'at, 03 April 2015 - 20:23 WIB
Gerai PELNImart Perdana Dibuka di Manokwari
Gerai PELNImart Perdana Dibuka di Manokwari
A A A
JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) merambah bisnis ritel di luar Jawa, melalui anak usahanya, PT Sarana Bandar Nasional (SBN) yang bergerak dibidang trading dan logisitk ini mengembangkan sayap bisnis dengan membuka perdana Gerai PELNImart di Manokwari, Papua Barat.

Toko dibuka mulai Selasa (31/3/2015) dengan memanfaatkan Gedung Kantor Cabang PT Pelni di Manokwari. Ide membuka PELNImart tercetus ketika rapat pimpinan (Rapim) Pelni yang dihelat di atas KM Kelud dalam perjalanan Jakarta-Batam-Medan tahun lalu.

"Anak perusahaan sangat respon dan PT SBN segera menghubungi jaringan bisnis untuk suplai barang. Bangunan memanfaatkan kantor cabang atau rumah dinas yang tersebar di hampir semua pulau di nusantara. Jadilah PELNImart," ujar Direktur Utama Sulistyo Wimbo Hardjito dalam rilisnya, Jumat (3/4/2015).

Menurutnya, ‎pembukaan PELNImart di luar Jawa sangat membantu pemerintah dan masyarakat khsusnya di Indonesia Timur yang memerlukan pasokan kebutuhan pokok dan barang strategis.

Pelni memiliki kapal penumpang yang dapat pula membawa kontainer dengan trayek seluruh pulau di nusantara. Kapal dapat dimanfaatkan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia Timur. Rumah dinas dan Kantor cabang dapat dioptimalkan.

"Jadi, ini merupakan kolaborasi antara peluang dan sumber daya. Perusahaan berupa kapal serta aset yang dimiliki Pelni," tambah mantan direktur komersial PT KAI ini.

Dia menuturkan, ‎gerai perdana PELNImart di Manokwari akan diikuti gerai berikutnya di Sorong dan Jayapura yang akan dibangun bulan ini.

Gerai PELNImart diharapkan dapat membantu memperlancar distribusi dan membantu pemerintah menyeimbangkan harga di Indonesia Barat dan Indonesia Timur.

"Gerai PELNImart sangat sejalan dengan program pemerintah yang menghendaki perbedaan harga di barat dan timur tidak terlaku tinggi," tambah Direktur Utama SBN Suharyanto.

Ke depan, PELNImart dapat dikembangkan ke pulau-pulau terluar dan terpencil yang disinggahi kapal Pelni yang saat ini belum terjamah toko modern. Kehadiran PELNImart di Manokwari disambut gembira masyarakat Papua Barat. Mereka antusias karena gerainya bagus, barang-barangnya bermutu dan harga barangnya lebih murah.

"Kami akan terus kembangkan PELNImart dan diharapkan dapat tumbuh menjadi bisnis baru PELNI Group," tambah dia.

Menurutnya, masyarakat Papua dan pulau-pulau terluar ke depan dapat mengambil francise PELNImart bekerja sama dengan SBN sebagai pengelola Gerai PELNImart dan distributor barang-barang untuk menyuplay toko-tokonya di seluruh pelososk nusantara.

"Konsep francise-nya sedang disiapkan. Pembukaan gerai di luar Jawa memberikan kesempatan kepada pengusaha atau pelaku UMKM di daerah bermitra dengan Pelni melalui SBN sebagai penegelola PELNImart," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4879 seconds (0.1#10.140)