Sinarmas MSIG Life Tingkatkan Segmen Ritel

Selasa, 28 April 2015 - 09:35 WIB
Sinarmas MSIG Life Tingkatkan Segmen Ritel
Sinarmas MSIG Life Tingkatkan Segmen Ritel
A A A
JAKARTA - PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) siap menggenjot nasabah ritel tahun ini. Perseroan khususnya akan menyasar kalangan pegawai kantor yang memiliki dana investasi terbatas.

Segmen ini cukup mendukung perseroan mencetak laba bersih sebesar Rp207,8 miliar pada kuartal I/2015. Kinerja ini didukung hasil pendapatan premi bersih perseroan yang mencapai Rp2,2 triliun. Head of Investment Planning & Management Sinarmas MSIG Life Nawi Ho mengatakan, aset investasi yang dikelola perseroan di kuartal pertama mencapai Rp17 triliun. Portofolio penempatannya mengandalkan kinerja produk excellink aggressive fund (saham) dan excellink dynamic fund (campuran).

Keduanya bisa menguasai 90% porsi penempatan. Sedangkan, sisanya di produk fixed income fund seperti deposito. ”Return di produk berbasis saham tahun ini diprediksi bisa sebesar 15%, sementara produk balance 10% dan fixed income mencapai 7%. Volume akan tergantung penjualan tapi kami akan mengandalkan unitlink ” ujar Nawi saat dihubungi kemarin. Sementara, pada tahun lalu produk berbasis saham tersebut mencatatkan return tertinggi hingga 23,4%.

Berikutnya dikuasai oleh dana campuran 12,71% dan fixed income hanya 6,53%. Namun, hingga kuartal pertama masih dikuasai oleh porsi dana campuran sebesar 1,79%. ”Adapun, hingga akhir tahun tetap akan mengandalkan produk berbasis saham. Asalkan untuk investasi jangka panjang.” ujarnya. Saat ini, Sinarmas MSIG telah melayani 1 juta tertanggung individu dan kelompok (grup) di 63 kota di Indonesia.

Dengan dukungan pelayanan dari 15.541 staf pemasaran yang terbesar di beberapa daerah. Produk asuransi mikro Sinarmas MSIG Life tergabung ke dalam konsorsium Asuransi Mikro Penuh Cinta (Si Peci) dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Sampai saat ini, jalur distribusi (distribution channel ) perseroan memiliki empat jalur, yaitu agen (agency ), bancassurance, direct marketing-telemarketing, danemployee benefit.

Dia menjelaskan, akan terus meningkatkan jumlah investor ritel dan mendorong tingkat ”melek investasi” di masyarakat. Sekaligus untuk menghindari penipuan investasi bodong. Pemahaman tentang kondisi makro-ekonomi dan variasi produk menjadi beberapa faktor penting yang belum dipahami di masyarakat. Perayaan ulang tahun Sinarmas MSIG Life Ke-30, perseroan menyelenggarakan seminar edukasi finansial kepada masyarakat di Semarang. dengan berbagai ragam aktivitas hiburan yang mendidik.

Dan, melalui kegiatan bertajuk ‘Share Your SMiLe’, juga diberikan bantuan senilai Rp250 juta kepada SOS Children’s Village Semarang. Wakil Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life Hidehiko Tomishima berharap kegiatan tersebut dapat memberdayakan masyarakat melalui pemahaman pentingnya pengelolaan keuangan untuk masa mendatang.

Bantun dalam bentuk proteksi diri yang diberikan pihaknya berupa Personal Accident Sinarmas MSIG Life (PAS) selama satu tahun dengan nilai pertanggungan risiko jiwa mencapai Rp10 juta. ”Harapan kami, prakarsa Sinarmas MSIG Life ini bisa mengetuk pintu hati dan menjadi panutan pihak lain,” ujar Hidehiko dalam kesempatan yang berbeda. Dalam asuransi tersebut diberikan manfaat asuransi atas risiko cacat tetap total akibat kecelakaan maksimal Rp10 juta dan jaminan penggantian rumah sakit karena kecelakaan dengan limit Rp1 juta untuk setiap kejadian.

Pihaknya juga memberikan asuransi demam berdarah senilai Rp3 juta per tahun untuk tiga kejadian di tahun yang sama. Menurut Hidehiko, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggapan atas penyakit yang kerap mendera anak-anak tersebut.” Bantuan berupa donasi tunai, perlengkapan sekolah serta asuransi ini sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial kami kepada sesama. Kebetulan kerja sama dengan SOS Children’s Village Indonesia ini jadi yang kedua,” ungkapnya.

Menurutnya, Sinarmas memiliki kesamaan visi kepedulian dengan SOS. Yakni sama-sama memperjuangkan hak-hak anak. Terlebih bagi SOS terus berkomitmen memberikan hak pengasuhan kepada anak dengan penuh kasih sayang di dalam sebuah keluarga.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8167 seconds (0.1#10.140)