Ini Penyebab Pertumbuhan Ekonomi RI Melambat

Selasa, 05 Mei 2015 - 15:03 WIB
Ini Penyebab Pertumbuhan Ekonomi RI Melambat
Ini Penyebab Pertumbuhan Ekonomi RI Melambat
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, secara garis besar ada faktor yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi (PE) yang melambat di angka 4,7% pada kuarrtal I. Terutama produksi di beberapa sektor mengalami pergeseran sehingga berpengaruh besar terhadap PE.

Menurutnya, produksi pangan berpengaruh besar karena mundurnya periode tanam sehingga menyebabkan panen raya mundur. "Selain itu, produksi minyak mentah dan batu bara juga turun. Maka kilang minyak kita tumbuh negatif. Distribusi perdagangan melambat karena suplai demand menurun serta kinerja konstruksi melambat karena melambatanya realisasi belanja infrastruktur," jelasnya di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Sementara, dari segi pengeluaran anggaran, Suryamin mengatakan, semua konsumsi rumah tangga pengeluarannya melambat kecuali makanan dan minuman, tembakau, dan perumahan serta perlengkapan rumah tangga.

Konsumsi pemerintah juga melambat karena belanja barang modal melambat. Hal ini karena pertumbuhan belanja barang tidak agresif. "Selain itu, realisasi belanja modal pemerintah untuk infrastruktur lebih rendah saat ini sehingga impor barang modal turun terutama jenis alat angkut dan mesin. Industri mesin domestik juga turun, jadi tidak bisa menyuplai dan mensubstitusi barang impor," jelas dia.

Untuk ekspor barang, juga mengalami penurunan karena turunnya harga komoditi juga melambatnya ekonomi mitra dagang Indonesia.

"Terakhir, sektor jasa yang mengalami penurunan karena turunya rata-rata pertumbuhan wisman yang berkunjung ke Indonesia," pungkas Suryamin.

(Baca: 5 Sektor Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi RI ).
(izz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1071 seconds (10.177#12.26)