Tips Mengelola THR Agar Keuangan Tetap Sehat

Kamis, 13 April 2023 - 14:32 WIB
Bagaimana cara mengelola THR dengan bijak supaya keuangan tetap sehat setelah Lebaran? Bank Commonwealth memberi rekomendasi alokasi THR 10-20-60-10. Foto/Dok
JAKARTA - Membuat ketupat, mudik, dan membeli baju baru sudah menjadi tradisi perayaan Lebaran di Indonesia. Untuk itu, diperlukan perencanaan keuangan yang baik. Menjelang Lebaran umumnya pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya ( THR ).



Nah, bagaimana cara mengelola THR dengan bijak supaya keuangan tetap sehat setelah Lebaran?



Head of Research and Advisory Bank Commonwealth, Thadly Chandra memberi rekomendasi alokasi THR 10-20-60-10, yaitu 10% untuk membayar zakat, 20% untuk tabungan dan investasi. Lalu 40% hingga 60% untuk kebutuhan hari raya dan membayar utang atau cicilan, dan 10% untuk dana darurat.



“Dengan pengelolaan yang baik, manfaat THR dapat dinikmati bukan hanya pada saat Lebaran, tetapi juga dalam jangka waktu yang panjang bahkan setelah selesai perayaan Lebaran,” kata Thadly.

Berikut tips mengelola THR:

1. Buat pos pengeluaran keperluan hari raya

Supaya THR tidak habis begitu saja, buatlah pos pengeluaran untuk keperluan hari raya seperti mudik, belanja kebutuhan pokok, dan memberi amplop untuk keluarga besar. Idealnya, alokasi untuk keperluan hari raya paling besar 60% dari THR.

2. Alokasikan untuk zakat dan sedekah
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More