Ini 8 Pemimpin Negara yang Menghadiri KTT ASEAN 2023, Nomor Terakhir Punya Kekayaan Rp406 Triliun

Kamis, 11 Mei 2023 - 19:31 WIB
KTT ASEAN 2023 dihadiri sejumlah pemimpin negara anggota. Foto/BiroSetpres
JAKARTA - KTT ASEAN 2023 yang dilangsungkan di Labuan Bajo , Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 10 hingga 11 Mei 2023 dihadiri sejumlah pemimpin negara kawasan. Ada tujuh pemimpin negara yang menghadiri pertemuan puncak ASEAN itu yang tiba di Labuan Bajo, sedangkan satu pemimpin lagi memilih Bali sebagai tempat kedatangan.



Mengingat anggota ASEAN ada 11 negara, termasuk Timor Leste yang diakui secara prinsip pada KTT di Phnom Phen 2022, maka ada dua pemimpin negara ASEAN yang tak bisa menghadiri KTT. Pemimpin dua negara yang tak hadir adalah Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-Cha dan Presiden Myanmar Win Myint.

"Thailand menyatakan tidak dapat hadir karena akan pemilu, tanggal 14 Mei Thailand akan melakukan pemilihan umum oleh karena itu yang hadir bukan perdana menterinya tetapi deputi perdana menteri. Sementara dari Myanmar, sesuai dengan keputusan leaders ASEAN sebelumnya maka Myanmar yang diundang adalah dari non-political level bukan dari leader mereka," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa (9/5/2023).

Berikut delapan pemimpin negara yang menghadiri KKT ASEAN ke-42



1. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen

Hun Sen tiba sekitar pukul 13.00 WITA di Bandara Internasional Komodo. Hun Sen didampingi Ibu Negara Rany Hun Sen. Orang nomor 1 di Kamboja ini disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Hun Sen adalah politisi Kamboja dan mantan komandan militer yang menjabat sebagai perdana menteri Kamboja sejak 1985. Pria berusia 70 tahun itu adalah kepala pemerintahan terlama di Kamboja, dan salah satu pemimpin terlama di dunia.

2. Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More