Indonesia Lebih Jago Kelola Utang Dibanding Negara Lain, Apa Buktinya?

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:30 WIB
BKF menyebut Indonesia berhasil mengelola utang-utang dengan baik. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan , Febrio Kacaribu menyebut Indonesia merupakan negara dengan jumlah utang yang rendah jika dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia.

Anak buah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani itu juga membeberkan bukti-bukti bahwa Indonesia selama ini berhasil mengelola utang-utang dengan baik.

"Bagaimana utang kita dari awal memang sangat rendah jika dibandingkan dengan banyak negara ini. Kita mulai dengan level 30%-an untuk rasio utang terhadap PDB," ujarnya dalam Taklimat Media BKF dengan tema Arah Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Dia menjelaskan, pada tahun 2020, dengan kebijakan countercyclical yang sangat kuat, Indonesia harus menaikkan rasio utangnya menjadi 39,4%. Kemudian pada tahun 2021, dinaikkan lagi menjadi 40,7%. Namun, pada tahun 2022, Indonesia langsung menurunkan rasio utangnya.

"Sementara negara lain, sudah utangnya jauh lebih tinggi dari kita, turunnya belum. Misalnya, kita lihat negara tetangga kita, Thailand. Mulainya dari 41,9% pada saat pandemi meloncat ke 49,4%. Lalu sekarang malah terus lanjut ke 60,5% dari PDB," bebernya.



Kemudian dia menyontohkan bahwa rasio utang Malaysia sempat ke 67,7% dibandingkan PDB, dan sekarang masih di 66%. Febrio juga menilai kemungkinan akan sulit bagi Malaysia untuk menurunkan lebih lanjut.

"China, sekarang di 77%. India, yang tadinya sudah mulai di 70%, loncat ke 88% dari PDB-nya, baru turun sedikit ke 83%. Amerika Serikat (AS), Anda sudah tahu sendiri ceritanya. Mulainya dari level sangat tinggi di 133%, sekarang berada di 121% dari PDB," urainya.



Berkaca pada data-data utang sejumlah negara tersebut, Febrio mengatakan bahwa Indonesia berhasil mengelola utang dengan baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More