7 Kereta Cepat Tercepat di Dunia, Mayoritas China

Senin, 26 Juni 2023 - 19:01 WIB
Terdapat sejumlah negara yang berhasil mengembangkan kereta cepat dan menjadi paling cepat di dunia. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara yang berhasil mengembangkan kereta cepat dan menjadi paling cepat di dunia. Beberapa di antaranya berasal dari negara yang ada di kawasan Asia.

Industri perkeretaapian dunia hingga saat ini masih bersaing ketat dalam mengembangkan kereta api tercepat di dunia. Tidak hanya berkembang di kawasan Eropa, beberapa pengembang juga diketahui berasal dari wilayah Asia.



Kereta Cepat Tercepat

Dilansir dari laman railway-technology, Senin (26/6/2023), berikut tujuh kereta cepat yang berhasil menjadi paling cepat di dunia.

1. LO Maglev (Jepang)

Jepang merupakan negara pertama yang berhasil mengembangkan kereta api tercepat di dunia. LO Maglev adalah seri terbaru dari Jepang yang memiliki kecepatan mencapai 603 km per jam pada saat pengujiannya.



Serie LO ini diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries dan anak perusahaan JR Central Nippon Sharyo. Dalam riwayatnya, kereta ini sudah menggunakan sistem SCMaglev Jepang.

3. Harmoni CR (China)

Harmoni CR merupakan istilah umum untuk menyebutkan berkecepatan tinggi seri CRH. Kereta cepat ini memiliki kecepatan maksimum tertinggi 486,02 km per jam pada saat pengujiannya.

Kereta Harmoni CR diketahui mulai diproduksi dan dikembangkan pada tahun 2010. Sejak saat itu muncul pula kereta cepat yang sejenis dengannya, yang kini mulai dikenal dengan nama kereta CR Fuxing China.

2. Shanghai Maglev (China)

Shanghai Maglev atau yang dikenai dengan Shanghai Transrapid menduduki posisi pundak dengan kecepatan maksimum mencapai 460 km per jam. Sedangkan kecepatan rata-ratanya hanya mencapai 251 km per jam.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More