5 Proyek Infrastruktur di Afrika yang Menggunakan Utang China, Nomor 3 Sempat Diisukan Bakal Disita

Rabu, 23 Agustus 2023 - 07:53 WIB
Banyak proyek infrastruktur di Afrika yang menggunakan utang China dengan angka pinjaman yang sangat besar. Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Ada banyak proyek infrastruktur di Afrika yang menggunakan utang China . Beberapa di antaranya bahkan mencatatkan angka pinjaman yang sangat besar dan terkesan sebagai proyek ambisius.

Dalam riwayatnya, China dikenal sebagai kreditur terbesar di dunia. Mereka tidak ragu untuk memberikan utang dalam besaran tertentu bagi negara lain yang menginginkannya.

Melalui berbagai kebijakan utangnya, China sering menargetkan pasar pembiayaan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Dengan hal ini, tak jarang Beijing dituduh melakukan ‘Diplomasi Jebakan Utang’.

Pada berbagai pinjaman yang diberikan, China juga cukup sering berhubungan dengan negara-negara kawasan Afrika. Beberapa proyek infrastruktur di negara terkait juga tak luput dari suntikan dana Beijing.

Berikut beberapa proyek infrastruktur di Afrika yang menggunakan utang China.



Proyek Infrastruktur di Afrika yang Menggunakan Utang China



1. Entebbe International Airport (Uganda)



Entebbe International Airport adalah bandara utama di Uganda. Melihat riwayatnya, bandara ini pertama kali diresmikan pada 1951.

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah Uganda mengeluarkan proyek perluasan bandara Entebbe. Mengutip Airforce Technology, tujuan perluasan ini adalah guna menangani lonjakan penumpang dan barang kiriman yang terjadi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More