Pupuk Indonesia Teken JDA Pengembangan Green Hydrogen dan Green Ammonia di Gresik

Selasa, 05 Desember 2023 - 18:15 WIB
“Jadi peran Pupuk Indonesia dalam kerjasama ini adalah terkait penyediaan lahan untuk pabrik green hydrogen di Gresik. Kemudian mengonversi green hydrogen menjadi green ammonia, termasuk menyediakan fasilitas loading green amonia ke kapal laut untuk dijual ke konsumen di dalam dan luar negeri,” rincinya.

Selain di Jawa Timur, Pupuk Indonesia bersama PLN juga menandatangani joint development study agreement (JDSA) atau perjanjian studi pengembangan bersama green hydrogen dan green ammonia pada kawasan industri Pupuk Kujang di Jawa Barat.

Selain untuk kebutuhan energi bersih masa depan, akselerasi pengembangan ini juga dimaksudkan untuk menjaga keberlanjutan pasokan amonia sebagai bahan baku pupuk. Karena amonia adalah bahan baku utama pupuk jenis Urea, NPK, ZA, dan sebagainya.

"Kerja sama ini semakin menguatkan posisi Pupuk Indonesia sebagai pemain global yang ke depan tidak hanya menjadi penyedia pupuk untuk mendukung ketahanan pangan, melainkan juga penyedia clean ammonia sebagai salah satu sumber energi bersih masa depan," jelas Rahmad.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More