Putin Menang Telak, Ekonomi Rusia Berhasil Masuk 4 Besar Dunia

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:57 WIB
Rusia berhasil menang di tengah berbagai putaran sanksi Barat sejak konflik dengan Ukraina pada Februari 2022. Langkah-langkah bermula dari memasukkan sebagian besar bank Rusia ke dalam daftar hitam dan mengeluarkan mereka dari sistem pengiriman pesan antar bank internasional SWIFT hingga membekukan sekitar USD300 miliar cadangan devisa Rusia.



Sejumlah analis mengaitkan pertumbuhan ekonomi Rusia yang stabil dalam menghadapi tantangan-tantangan ini dengan porosnya terhadap pasar-pasar di Afrika, Timur Tengah, dan Asia, serta perubahan fiskal yang diadopsi oleh otoritas keuangan negara ini.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa mereka memperkirakan ekonomi Rusia akan tumbuh lebih cepat dibandingkan semua negara maju pada 2024. IMF memproyeksikan PDB negara ini diperkirakan akan meningkat 3,2% melebihi tingkat pertumbuhan yang diharapkan untuk AS (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%), dan Prancis (0,7%).

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov sebelumnya memperkirakan pertumbuhan PDB tahun ini akan sama dengan tahun lalu. Sementara, Bank Sentral Rusia memproyeksikan pertumbuhan PDB sebesar 2,5-3,5%.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More