Ekonomi Tumbuh Pesat, Siasat Cerdik Rusia Lawan Sanksi Barat Jadi Panutan Dunia

Jum'at, 07 Juni 2024 - 10:49 WIB
loading...
Ekonomi Tumbuh Pesat, Siasat Cerdik Rusia Lawan Sanksi Barat Jadi Panutan Dunia
Rusia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang mengesankan di tengah gempuran sanksi Barat. FOTO/Sputnik
A A A
JAKARTA - Siasat cerdik Rusia dalam melawan sanksi Barat menjadi panutan dunia. Negara Beruang Merah berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang mengesankan di tengah konflik Ukraina.

Sanksi menjadi alat kebijakan para pemimpin Barat yang ingin melemahkan musuh-musuh global. Dengan meningkatnya sentimen anti-perang di Amerika Serikat (AS), yang lelah dengan konflik akhirnya mengandalkan sanksi ekonomi untuk meningkatkan pengaruhnya secara internasional.

Menurut perkiraan akademisi Manu Karuka, dua pertiga dari sanksi global sejak 1990-an telah dijatuhkan AS dan sepertiga dari jumlah tersebut diaksanakan Joe Biden. Namun sanksi-sanksi tersebut sering tidak mengindahkan etika internasional.

"Sanksi dapat secara signifikan memperburuk situasi penduduk sipil," ujar peneliti Joy Gordon dilansir dari Sputnik, Jumat (7/6/2024).



Sanksi ekonomi sering mengorbankan hak-hak sipil karena mencegah akses terhadap makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya. Strategi Rusia berhasil menghindar dari sanksi Barat menjadi momen penting bagi negara-negara Selatan Global untuk bersatu melawan taktik Barat.

Moskow tak hanya selamat dari agresi ekonomi, tetapi juga berhasil berkembang pesat melampaui Jerman dan Jepang untuk menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia, kata analis keamanan Mark Sleboda.
Pakar hubungan internasional ini bergabung dengan program 'The Critical Hour' di Sputnik pada Rabu (26/10) untuk membahas mengapa negara-negara di seluruh dunia semakin melihat Rusia sebagai role model dan mitra ekonomi.

"Saya rasa kita belum sampai pada dunia multipolar, tetapi kita pasti melihat dunia multipolar yang dibayangkan dan kelahirannya sedang terjadi, bahkan jika hegemoni Barat yang dipimpin oleh AS mencoba untuk mencekik kelahiran tersebut dan mencegahnya terjadi," ujar Sleboda, menyetujui premis analisis di situs Orinoco Tribute yang meneliti partisipasi dalam forum SPIEF 2024 yang mengusung Penciptaan Zona Pertumbuhan Ekonomi Baru'.



Produk Domestik Bruto (PDB) yang disesuaikan dengan paritas daya beli selama periode sanksi, Rusia telah berhasil mengalahkan Jerman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)