Menelusuri dari Mana IMF Mendapatkan Uang?

Selasa, 11 Juni 2024 - 18:21 WIB
IMF resmi memulai operasi keuangannya pada 1 Maret 1947 dan di tanggal 8 Mei, Prancis menjadi negara pertama yang meminjam dana kepada IMF. Lantas dari mana IMF mendapatkan uangnya?. Foto/Dok
JAKARTA - International Monetary Fund atau IMF secara resmi memulai operasi keuangannya pada 1 Maret 1947 dan di tanggal 8 Mei, Prancis menjadi negara pertama yang meminjam dana kepada IMF. Lantas dari mana Dana Moneter Internasional (IMF) mendapatkan dana untuk membantu anggotanya?



IMF yang saat ini beranggotakan 190 negara bertujuan mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan kesejahteraan. Hal ini dilakukan dengan mendukung kebijakan ekonomi yang mendorong stabilitas keuangan dan kerja sama moneter, yang penting untuk meningkatkan produktivitas, penciptaan lapangan kerja, dan kesejahteraan ekonomi.

Apa yang dilakukan IMF?



IMF mendorong stabilitas keuangan internasional dengan menawarkan, pertama, saran kebijakan dimana IMF memantau perkembangan ekonomi dan keuangan dan memberi nasihat kepada negara-negara. Selanjutnya sebagai asisten keuangan, dimana IMF memberikan pinjaman dan bantuan keuangan lainnya kepada negara-negara anggota.





Lalu ada juga pengembangan kapasitas, dengan bantuan teknis dan pelatihan untuk membantu pemerintah menerapkan kebijakan ekonomi yang sehat.

Bantuan keuangan apa yang ditawarkan IMF?



Memberikan pinjaman dan bantuan keuangan lunak kepada negara-negara anggota yang mengalami masalah neraca pembayaran aktual atau potensial merupakan tanggung jawab utama IMF.

Bagaimana IMF didanai?

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More