Ramai-ramai Menteri Jokowi Mulai Pindah ke IKN, Siapa Paling Pertama?

Kamis, 01 Agustus 2024 - 18:01 WIB
Ramai-ramai Menteri Jokowi menyatakan bakal mulai berkantor di IKN pada bulan Agustus 2024, lantas siapa menjadi yang pertama?. Foto/Dok
JAKARTA - Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan, mulai pindah atau hijrah ke Ibu Kota Nusantara atau IKN pada 9 Agustus 2024, mendatang.



Menteri Basuki menjelaskan, hal itu juga bagian dari rangkaian acara yang akan lebih banyak diselenggarakan di IKN mulai 2 Agustus. Salah satunya rencana Sidang Kabinet pada 12 Agustus, rencana groundbreaking tahap VII, hingga penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79.



"Kalau saya mungkin tanggal 9 Agustus disana (IKN), di rumah dinas, Menteri lain mungkin ada," kata Menteri Basuki di Istana Negara, Kamis (1/8/2024).

Pada kesempatan tersebut, Basuki memaparkan saat ini sebanyak 14 unit rumah tapak jabatan Menteri di IKN sudah dapat dihuni. Bahkan rumah tersebut juga dilengkapi dengan furnitur sehingga siap untuk dihuni.



Basuki menambahkan, dalam 1 unit rumah tapak jabatan menteri di IKN terdiri dari 3 kamar, yaitu 1 kamar utama, 2 kamar berukuran yang lebih kecil. Terkait pembagian untuk rumah dinas Jabatan menteri tersebut, lebih lanjut akan diatur oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Rumah dinas yang selesai baru 14, kalau 14 tiap rumah ada 3 kamar. Pembagiannya masih diatur Setneg. Hotel Nusantara juga sudah operasi penuh, bisa di sana juga," sambungnya.

Selain Basuki, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas juga akan mulai pindah ke IKN pasca berlangsungnya Sidang Kabinet yang juga diselenggarakan di Ibukota baru.

"Iya saya besok begitu sidang kabinet nanti akan ke sana (IKN)," kata Anas di Kantornya (30/7).

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga akan mulai pindah ke IKN pekan kedua bulan Agustus. Selaras dengan penyelenggaraan Sidang Kabinet.

"Nanti mau pergi, minggu depan saya ke IKN," ujar Luhut, (31/7).
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More