Angka Pengangguran Melonjak, Ekonomi AS di Ambang Resesi?

Senin, 05 Agustus 2024 - 19:00 WIB
Melonjaknya angka pengangguran membuat Amerika Serikat di ambang resesi. Foto/ Ilustrasi
JAKARTA - Angka pengangguran di Amerika Serikat naik secara tidak terduga. Hal ini membuat pandangan para ahli ekonomi terbagi. Apakah Amerika berada di ambang resesi atau tidak?

Berdasarkan data yang dirilis, tingkat pengangguran melonjak ke level tertinggi dalam hampir tiga tahun sebesar 4,3 persen pada bulan Juli 2024. Peningkatan pengangguran itu dari 4,1 persen pada Juni, dan naik dari level terendah dalam lima dekade sebesar 3,4 persen pada April tahun lalu menjadi latar belakang, lebih dari sebelumnya.

Kondisi ini membuat bank sentral atau Federal Reserve (the Fed), kemungkinan akan melakukan penurunan suku bunga pada pertemuan di bulan September.





Mengutip Al Jazeera, ditulis Senin (5/8/2024), Peneliti Senior di Peterson Institute for International Economics, Gary Clyde Hufbauer mengatakan lonjakan angka pengangguran menunjukkan resesi pada 2025.

“Saya memperkirakan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga kebijakannya pada bulan September, dan terus melakukan pemotongan pada pertemuan-pertemuan berikutnya. Respons tersebut mungkin akan memastikan resesi yang dangkal,”ujarnya

Bursa saham Amerika Serikat atau wall street bereaksi karena ketakutan akan resesi. Indeks Dow Jones anjlok lebih dari 700 poin atau hampir 2 persen pada perdagangan sore hari Jumat (2/8). Sementara S&P 500 yang lebih luas turun 2 persen. Bank-bank di Wall Street menyerukan penurunan suku bunga yang lebih besar dan lebih banyak dari yang diperkirakan sejauh ini.

Ekonom di Goldman Sachs dan Citigroup, mengubah harapannya terkait pemangkasan suku bunga menjadi 0,50 persen pada September dan November, lalu pada Desember sekitar 0,25 persen.

Semua ini disebabkan oleh lemahnya data selama seminggu, termasuk perlambatan manufaktur dan sentimen negatif ketenagakerjaan, yang mengarah ke tren penurunan perekonomian.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More