Awan Hitam Olimpiade, Menyisakan Lilitan Utang bagi Tuan Rumah

Senin, 12 Agustus 2024 - 02:25 WIB
Namun dalam banyak kasus, Olimpiade gagal memberikan keuntungan ekonomi yang diharapkan, sehingga menyebabkan kota-kota tuan rumah terlilit hutang dan fasilitas-fasilitas yang tidak berfungsi.

Dalam sebuah studi tentang Olimpiade Salt Lake City 2002, misalnya, Matheson, bersama dengan ekonom Robert Baumann dan Bryan Engelhardt, menemukan tidak ada peningkatan lapangan kerja jangka panjang.

Seperti yang dijelaskan oleh Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan, pekerjaan yang diciptakan oleh pembangunan Olimpiade seringkali bersifat sementara. Kecuali wilayah tuan rumah memang memiliki angka pengangguran yang tinggi, pekerjaan sebagian besar diberikan kepada mereka yang sudah bekerja, menumpulkan dampaknya pada ekonomi secara lebih luas.

Berapa Biaya Olimpiade Paris 2024?

Lalu apakah Olimpiade Paris 2024 akan berbeda?. CEO panitia penyelenggara Olimpiade mengindikasikan bahwa Olimpiade Paris berada pada jalur yang tepat untuk mencapai sasaran biayanya. Diungkap dalam sebuah wawancara, tujuannya agar 95% infrastruktur memakai yang sudah ada atau bersifat sementara, sehingga biaya pembangunan dan pemeliharaan tetap rendah.

Paris menganggarkan sekitar USD8 miliar untuk Olimpiade 2024 ketika memenangkan tawaran pada 2017. Sejak saat itu, Paris terus meningkatkan anggarannya beberapa miliar dolar.

Biaya dibagi relatif merata antara operasional dan infrastruktur baru, menurut analisis S&P Global Ratings. Jika biaya akhir tetap pada angka tersebut, Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade termurah dalam beberapa dekade.

Penyelenggara mengatakan keputusan untuk mengandalkan infrastruktur yang sudah ada yang sebelumnya dipakai untuk Perancis Terbuka dan Euro 2016, telah menekan biaya.

Pertandingan juga akan tersebar ke stadion di kota-kota Perancis lainnya, termasuk Lyon, Marseille, dan Nice. Tetapi Paris masih menghabiskan USD4,5 miliar untuk infrastruktur, termasuk USD1,6 miliar untuk Desa Olimpiade, yang harganya setidaknya sepertiga lebih tinggi dari anggaran awal.

Menjadi tuan rumah Olimpiade cenderung mengakibatkan defisit ekonomi. Kecuali jika sudah memiliki infrastruktur untuk mendukung banyaknya pengunjung yang datang. Apakah menjadi tuan rumah Olimpiade sepadan untuk diperjuangkan?.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More