Wujudkan Green Airport, InJourney Airports Gelar Pameran Instalasi Bumi Masa Depan Kita

Kamis, 12 September 2024 - 11:58 WIB
Ia menambahkan, sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon pada kegiatan operasional bandara, membutuhkan strategi ekstra. Karena itu, InJourney Airports telah menyusun strategi jangka panjang guna mewujudkan cita-cita mewujudkan bandara yang hijau.

Program Inisiasi Green Airports

Pengguna transportasi udara Bandara Soekarno-Hatta, khususnya di Terminal 3, bisa menyaksikan instalasi berbentuk bumi dari bahan upcycling karya Direktur Kreatif dan Desainer Komunikasi Visual Felix Tjahyadi. Instalasi berbentuk bumi tersebut menjadi spot foto instagramable bagi para pengunjung dan penumpang.



Pengguna transportasi udara Bandara Soekarno-Hatta antusias membeli produk upcycling di Terminal 3 (dok.foto iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan).

Direktur SDM dan Digital InJourney Herdy Harman menjelaskan beberapa program inisiasi untuk mewujudkan bandara yang hijau dengan menyusun roadmap Energi Baru dan Terbarukan sampai dengan 2027. Transisi energi dengan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), pengelolaan limbah sampah dengan sewage treatment plant, yang dapat digunakan untuk penghijauan dan penyiraman tanaman dengan kapasitas 8.000 m3.

Herdy menambahkan, program tersebut sejalan dengan visi InJourney dalam mewujudkan Green Airports dalam rangka mencapai Net Zero Emission pada 2060. Dalam mendukung visi berkelanjutan, InJourney memiliki visi Becoming Leading Green Indonesia Tourism Corporation for Sustainable Destination Ecosystem.

Visi berkelanjutan tersebut diperkuat dengan tiga pilar keberlanjutan, yakni sustainable operation, sustainable tourism destination, dan sustainable environment. Lebih dari itu, implementasi strategi berkelanjutan juga merupakan bentuk dukungan InJourney terhadap upaya pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Herdy menjelaskan bahwa upaya dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan, InJourney Group telah melakukan inisiatif keberlanjutan antara lain dengan penggunaan kendaraan listrik (EV) di area operasional bandara dan destinasi wisata, seperti di Borobudur, Prambanan, TMII, KEK Sanur, dan Mandalika.

Selain itu, dalam mengembangan destinasi pariwisata, InJourney juga melakukan pembangunan PLTS serta elektrifikasi ground support equipment di sejumlah destinasi pariwisata.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More