Dorong Kerja Sama Digital dan Private Funds, Indonesia Gelar Forum Bisnis Strategis di Melbourne

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 12:59 WIB
Festival Indonesia Business Forum di Melbourne ini dihadiri kurang lebih 100 pemangku kepentingan dari Indonesia dan Australia, mulai dari perwakilan pemerintah, pelaku bisnis, hingga akademisi. Foto/Dok
MELBOURNE - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne bekerja sama dengan Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) Sydney dan Festival Indonesia Inc., sebuah komunitas diaspora Indonesia di Victoria, sukses menyelenggarakan “Festival Indonesia Business Forum: Indonesia-Australia Economic Powerhouse Business Forum.”



Forum yang berlangsung di Melbourne ini dihadiri kurang lebih 100 pemangku kepentingan dari Indonesia dan Australia, mulai dari perwakilan pemerintah, pelaku bisnis, hingga akademisi. Forum bisnis ini mendapat minat yang besar dari para pemangku kepentingan terkait, sebagaimana ditunjukkan oleh jumlah peserta yang hadir.



Selain itu forum berhasil mengidentifikasi sejumlah peluang investasi bagi perusahaan dana pensiun dan private funds Australia, antara lain di sektor seperti infrastruktur, pendidikan, dan manufaktur. Peluang besar juga terlihat di sektor teknologi digital , baik untuk industri kreatif seperti gim, maupun teknologi digital yang mendukung sektor lain, seperti telematika untuk manajemen armada.

Mengangkat tema "Building an Economic Powerhouse: Leveraging Mutual Strengths in Digital Technology and Private Fund Sectors," forum ini terdiri dari tiga sesi yang membahas berbagai peluang investasi di Indonesia bagi perusahaan dana pensiun dan private funds Australia, potensi bisnis di sektor teknologi industri, serta iklim bisnis dan investasi di Indonesia.



Selain sesi pemaparan dan diskusi, forum bisnis juga memfasilitasi pertemuan bisnis antar peserta yang hadir, seperti peserta dari sektor teknologi digital, hybrid fund, serta makanan dan minuman.

Selama berlangsungnya forum bisnis, para peserta juga antusias mengunjungi B to B Matching Event yang diselenggarakan di tempat yang sama bersamaan dengan forum bisnis. B2B menghadirkan berbagai produk buatan Indonesia siap ekspor, seperti aneka produk makanan kemasan dari Mutigo Indonesia, Padussiana, Star Sorghum, juga aneka ragam aksesori dari sisik ikan oleh Universitas Pattimura yang telah berhasil menjadikan limbah sisik ikan menjadi karya indah yang dapat dipakai sehari-hari.

Forum bisnis ini merupakan bagian dari Festival Indonesia 2024, serangkaian kegiatan yang diselenggarakan bersama oleh KJRI Melbourne dan Festival Indonesia Inc., yang bertujuan untuk mempromosikan investasi, perdagangan, pariwisata, dan budaya Indonesia di Australia. Selain forum bisnis, Festival Indonesia akan menampilkan beberapa acara lainnya, yaitu Indonesian Night pada 4 Oktober, Festival Outdoor Indonesia pada 6 Oktober, dan FI Goes to School dari 7 hingga 11 Oktober.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More