Peluang Ekonomi Baru, Ekosistem Biomassa di Tasikmalaya Dikembangkan Jadi 100 Ha

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:39 WIB
Sementara itu, Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara menjelaskan bahwa biomassa merupakan salah satu kunci strategis dalam mengejar target bauran energi 23% pada 2025 dan mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060. Iwan menegaskan, kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak sangat penting untuk memastikan keberhasilan program ini.

Iwan menegaskan sebagian besar biomassa yang digunakan untuk co-firing di PLTU PLN berasal dari limbah pertanian dan perkebunan. Dalam upaya memperkuat pasokan biomassa, PLN EPI mengajak masyarakat Tasikmalaya untuk memanfaatkan peluang ekonomi dari pengembangan biomassa ini.

"Kami menargetkan pemanfaatan biomassa sebesar 2,2 juta ton di tahun 2024 dan akan meningkat menjadi 10 juta ton di tahun 2025 untuk memenuhi kebutuhan 52 PLTU," tuturnya.

Iwan pun mengatakan bahwa pengembangan biomassa tidak hanya penting untuk energi bersih, tetapi juga untuk membangun ekonomi masyarakat melalui program pertanian terpadu di lahan kritis. "Dengan program ini, PLN berharap dapat membangun ekosistem biomassa yang berkelanjutan serta berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.
(fjo)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More