Sang Pewaris Berharta Rp1.384 T, Alice Walton Menyandang Gelar Wanita Terkaya Amerika

Senin, 14 Oktober 2024 - 07:05 WIB
Setelah kehilangan gelar pada tahun 2022, pewaris ini kembali menjadi wanita terkaya di Amerika untuk kesembilan kalinya dalam sepuluh tahun terakhir. Foto/Dok
JAKARTA - Setelah kehilangan gelar pada tahun 2022, pewaris ini kembali menjadi wanita terkaya di Amerika untuk kesembilan kalinya dalam sepuluh tahun terakhir. Untuk kesembilan kalinya dalam satu dekade, Alice Walton – putri mendiang pendiri Walmart Sam Walton – adalah wanita terkaya di daftar orang terkaya di Amerika versi Forbes 400 di 2024.

Saat pembeli berbondong-bondong mencari produk murah di Walmart, saham peritel asal AS itu meningkat 41% sejak dirilis Forbes 400 tahun 2023. Hal itu mendorong kekayaan bersih Walton yang berusia 74 tahun menjadi sekitar USD89,2 miliar atau setara Rp1.384 triliun (Kurs Rp15.515 per USD), naik dari USD66,5 miliar.





Alice Walton lebih kaya USD15 miliar daripada wanita terkaya kedua di AS, Julia Koch —yang mewarisi 42% konglomerat swasta Koch, Inc. (sebelumnya dikenal sebagai Koch Industries) dari suaminya David Koch (yang meninggal dunia 2019). Meski hanya sebentar, Ia sempat mengambil gelar Walton sebagai wanita terkaya di Amerika pada tahun 2022.

Walton yang menempati peringkat No.15 di The Forbes 400 secara keseluruhan, sekarang berada dalam jarak yang sangat dekat untuk menjadi centibillionaire wanita kedua. Pewaris L'Oréal, Francoise Bettencourt Meyers yang merupakan warga negara Prancis, bergabung dengan klub USD100 miliar pada Juni.

Akan tetapi kekayaan Francoise Bettencourt Meyers turun menjadi sekitar USD88 miliar pada 4 September, ketika Walton sempat melampauinya untuk menjadi wanita terkaya di dunia untuk pertama kalinya sejak Mei 2022. Kemudian Bettencourt Meyers merebut kembali gelar tersebut pada 26 September, dengan perkiraan kekayaan USD92,6 miliar.

Meskipun menjual saham Walmart lebih dari USD28 miliar selama satu dekade terakhir, ahli waris Sam Walton masih memiliki hampir 45% dari raksasa ritel yang berbasis di Bentonville, Arkansas, karena pembelian kembali saham yang signifikan telah mencegah saham keluarga terlepas.

Forbes memperkirakan bahwa tiga perempat dari saham keluarga tersebut dibagi hampir merata antara Alice Walton dan saudara-saudaranya Jim (No 13 dalam daftar tahun ini, dengan kekayaan sekitar USD95,9 miliar) dan Rob Walton (No.14, dengan harta USD94,3 miliar).

Sebagian besar sisa kekayaan keluarga Walton menjadi milik ahli waris saudara laki-lakinya yaitu John Walton (w. 2005): jandanya Christy Walton (No.48, USD16,4 miliar) dan putra mereka Lukas Walton (No.25, dengan harta senilai USD33,9 miliar).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More