Mengenal Wanita Terkaya Rusia, Miliarder Teknologi Berharta Rp132,1 Triliun

Jum'at, 28 Juni 2024 - 16:37 WIB
loading...
Mengenal Wanita Terkaya Rusia, Miliarder Teknologi Berharta Rp132,1 Triliun
Pada tahun 2004, Tatyana Bakalchuk menghabiskan USD700 atau setara Rp11,4 juta untuk membuat situs web bernama Wildberries, sebuah bisnis e-commerce yang ia mulai dari apartemennya di Moskow saat cuti hamil. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pada tahun 2004, Tatyana Bakalchuk menghabiskan USD700 atau setara Rp11,4 juta untuk membuat situs web bernama Wildberries, sebuah bisnis e-commerce yang ia mulai dari apartemennya di Moskow saat cuti hamil. Saat ini Wildberries dianggap setara dengan Amazon di Rusia .



Peritel online yang sedang populer itu pada tahun 2023 mengantongi pendapatan hingga USD6 miliar. Menurut Bloomberg Billionaires Index, Bakalchuk adalah wanita terkaya di Rusia saat ini

Namun terlepas dari kekayaannya yang besar, Bakalchuk (48 tahun), tetap low profile dan tampaknya hidup sederhana. Bahkan Ia dilaporkan tidak memiliki rumah, dan memilih untuk menyewa sebagai gantinya.

Harta Tatyana Bakalchuk bernilai sekitar USD7,4 miliar, berdasarkan dari dari Forbes yang menjadikannya miliarder wanita terkaya di Rusia.

Bakalchuk lahir di wilayah Oblast Moskow pada tahun 1975 dan belajar di Institut Pedagogis Negeri Kolomna, menurut Bloomberg Billionaires Index. Dia dan suaminya yang juga pengusaha IT, Vladislav Bakalchuk, memiliki tujuh anak.

Dia mendirikan raksasa e-commerce, Wildberries pada tahun 2004 saat dirinya cuti hamil dari pekerjaannya saat itu sebagai guru bahasa Inggris.

Wildberries dimulai sebagai usaha kecil yang hanya menjual kembali pakaian dari Otto, sebuah perusahaan ritel Jerman. Bakalchuk mengatakan, kepada Bloomberg pada 2018 bahwa dia biasa melakukan pengiriman sendiri di masa-masa awal merintis usahanya.

"Awalnya, saya melakukan semuanya sendiri, mengumpulkan barang-barang dan membawanya ke pelanggan di sisi lain Moskow dengan kereta bawah tanah atau bus," katanya.

Seiring pertumbuhan bisnis, Bakalchuk mulai mempekerjakan pekerja pengiriman dan menyewa ruang untuk menyimpan lebih banyak inventaris. Binaragawan Rusia, Sergei Anufriev berinvestasi di Wildberries pada tahun 2006, seperti dilaporkan Bloomberg.

Mengenal Wanita Terkaya Rusia, Miliarder Teknologi Berharta Rp132,1 Triliun


Sejauh ini Bakalchuk memiliki 99% saham perusahaan, dan suaminya memiliki 1%. Pada tahun 2020, The Bell melaporkan Vladislav Bakalchuk memperoleh USD5 juta dari penjualan saham di penyedia internet, menimbulkan pertanyaan tentang status Bakalchuk sebagai miliarder mandiri.

Perwakilan Wildberries mengatakan, bahwa uang itu tidak terlibat dalam merintis Wildberries. Pada tahun 2023, Wildberries meraup pendapatan USD6 miliar dengan volume barang dagangan kotor hingga USD27,8 miliar.

Wildberries menampung lebih dari 60.000 brand, serta menjual berbagai produk termasuk di antaranya pakaian, elektronik, dan peralatan rumah tangga, menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

The Moscow Times melaporkan, bahwa Wildberries meluncur di Eropa pertama kali pada tahun 2021, hingga kemudian berekspansi ke Jerman, Italia, Spanyol, dan Prancis.

Miliarder Tanpa Rumah

Terlepas dari status miliardernya, Bakalchuk tetap low profile dan ternyata tidak memiliki rumah. Dalam sebuah wawancara tahun 2018 dengan AFP, Bakalchuk menggambarkan dirinya sebagai seorang "introvert."

Tidak seperti miliarder lain yang tinggal di rumah-rumah mewah yang luas, Bakalchuk memilik menyewa alih-alih memiliki rumah. Sementara kabar terbaru dari Bakalchuk, bakal terlibat dalam pembangunan platform pembayaran alternatif untuk membantu meningkatkan ekonomi Rusia di tengah sanksi internasional.

Sebagai informasi Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, atau yang dikenal sebagai SWIFT, melarang tujuh bank Rusia pada 2022 menyusul invasi Rusia ke Ukraina.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)