Eksplorasi Migas Jadi Jawaban di Tengah Krisis Energi?

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 11:46 WIB
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan produksi migas nasional, SKK Migas telah merumuskan strategi utama, dengan fokus yang kuat pada eksplorasi sebagai strategi jangka panjang. Dia menegaskan komitmen SKK Migas dan KKKS untuk terus melakukan eksplorasi yang masif dan agresif, serta melakukan kerja keras dan out of the box untuk meningkatkan produksi migas nasional.

Dalam 5 tahun terakhir atas dukungan Pemerintah, khususnya Kementerian ESDM iklim investasi di eksplorasi bisa terus ditingkatkan. Dwi menyampaikan bahwa kegiatan eksplorasi ini benar-benar mendapatkan dukungan Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM, sehingga banyaknya penemuan migas dalam 5 tahun terakhir, termasuk giant discovery Geng Norht dan Layaran-1. Ini menunjukkan komitmen Pemerintah untuk mendorong penemuan migas untuk mencapai target jangka pendek maupun jangka panjang.



Ilustrasi Catatan Si Geri - Pengawas Internal SKK Migas

Indonesia Exploration Forum 2024 telah membahas 4 (empat) hal yang menjadi kunci keberhasilan penemuan sumber migas yang baru yaitu:

1. Percepatan Eksplorasi Wilayah Frontier

Memanfaatkan teknologi canggih untuk mengeksplorasi wilayah-wilayah baru yang belum terjamah. SKK Migas telah menargetkan percepatan eksplorasi di cekungan-cekungan yang belum berkembang, dengan harapan menemukan cadangan migas baru yang signifikan.

2. Infrastructure Led Exploration (ILX)

Merupakan strategi eksplorasi yang memanfaatkan infrastruktur migas yang sudah ada, seperti jaringan pipa dan fasilitas pemrosesan, untuk mendukung eksplorasi di area sekitar. Dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada, kita dapat menekan biaya dan mempercepat produksi. ILX menjadi langkah penting dalam akselerasi eksplorasi migas, khususnya di wilayah lapangan matang di Indonesia.

3. Kolaborasi dengan Investor dan Mitra Strategis
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More