Usaha Parekraf di 24 Desa Wisata Dapat Dukungan Pengembangan dari Kemenparekraf

Kamis, 24 Oktober 2024 - 13:48 WIB
Usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di 24 desa wisata memperoleh bantuan pengembangan usaha dari Kemenparekraf/Baparekraf. FOTO/Ist
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf /Baparekraf) menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) 2024 kepada 24 desa wisata yang berasal dari 12 provinsi di Indonesia. Penyaluran bantuan yang ditandai dengan kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama.

DPUP merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Kemenparekraf dalam mengembangkan potensi desa wisata Indonesia. Program DPUP sendiri merupakan tindak lanjut dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), dimana tahun ini total 50 desa wisata terkurasi telah ditetapkan sebagai penerima bantuan. Dimana 24 di antaranya hadir dalam acara penandatanganan hari ini," ujar Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf Anggara Hayun Anujuprana.





Ke-24 Desa Wisata tersebut mendapatkan bantuan berupa uang rata-rata sebesar Rp120 juta. Dia menambahkan, "Program ini tidak hanya memberikan bantuan dana, tetapi juga penguatan kapasitas pengelolaan bisnis melalui literasi keuangan. Fokus kami adalah mendorong pengembangan atraksi wisata, usaha kriya, kuliner, dan fesyen di setiap desa wisata penerima bantuan," jelasAnggara.

Dalam rangkaian acara, diselenggarakan kegiatan literasi keuangan dengan pemateri dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membahas Waspada Investasi, Pinjaman Online, dan Judi Online, serta Sosialisasi mengenai Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Selain itu sharing session dari Local Champion Desa Wisata Alamendah selaku Penerima DPUP Tahun 2023 yang berbagi cerita sukses tentang pemanfaatan bantuan DPUP yang telah diterima.



Sebanyak 24 Desa Wisata penerima bantuan adalah Desa Wisata Cibeusi, Desa Wisata Selamanik, Desa Wisata Bantaragung, Desa Wisata Purwabakti, Desa Wisata Taraju, Desa Wisata Pantai Tanah Kuning, Desa Wisata Iboih, Desa Wisata Gampong Ulee Lheue, Desa Wisata Kampoeng Lama, Desa Wisata Hariara Pohan, Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang, dan Desa Wisata Hilisimaetano.

Kemudian, Desa Wisata Bukit Batu, Desa Wisata Dayun, Desa Wisata Kreatif Terong, Desa Wisata Kampung Baselang Bakung Jaya, Desa Wisata Batu Ampar, Desa Wisata Kelawi, Desa Wisata Nagari Lawang, Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Desa Wisata Kubu Gadang, Desa Wisata Gtp Ulakan, Desa Wisata Serangan dan Desa Wisata Pela
(fjo)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More