5 Negara Pemilik Cadangan Uranium Terbesar di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Senin, 28 Oktober 2024 - 19:10 WIB
Uranium, salah satu komoditas terpenting di sektor energi, dan mengetahui negara-negara dengan cadangan uranium terbanyak adalah kuncinya. Ini 5 negara dengan cadangan uranium terbanyak di dunia. Foto/Dok Reuters
JAKARTA - Uranium menjadi salah satu komoditas terpenting di sektor energi, dan mengetahui negara-negara dengan cadangan uranium terbanyak adalah kuncinya. Sumber daya uranium telah menjadi bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga nuklir selama lebih dari 60 tahun, dan saat ini tenaga nuklir melayani 10% dari kebutuhan energi global.

Permintaan uranium global diperkirakan akan tumbuh di tahun-tahun mendatang, yang menjadi pertanda baik untuk harga uranium di masa depan. Menurut Asosiasi Nuklir Dunia (WNA), sekitar 60 reaktor nuklir sedang dibangun di seluruh dunia, dan peningkatan kapasitas yang signifikan juga menjadi salah satu rencana.





Produksi uranium global mencapai 57.651 metrik ton (MT) U3O8 pada tahun 2022. Tercatat ada lima negara yang menjadi penyumbang terbesar untuk produksi uranium. Lalu siapakah negara yang memiliki cadangan uranium terbanyak saat ini, yang bisa memainkan peran kunci saat pembangkit nuklir mulai menjamur.

Berikut gambaran umum tentang lima negara dengan sumber daya uranium terbesar, dengan data yang bersumber dari WNA. Sedangkan bata cadangan untuk deposito yang dimiliki oleh perusahaan publik bersumber dari MiningDataOnline.

Ini 5 Negara dengan Cadangan Uranium Terbanyak di Dunia

5. Namibia

Cadangan uranium: 470.100 metrik ton (8% dari sumber daya uranium dunia)

Namibia merupakan negara penghasil uranium terbesar ketiga di dunia, dan berada pada urutan kelima untuk negara pemilik cadangan terbanyak.

Tambang Langer Heinrich milik negara yang kendalikan oleh Paladin Energy, dan tambang Rössing, yang mayoritas dimiliki oleh China National Uranium, mampu menghasilkan 10% dari produksi uranium dunia. Langer Heinrich menampung total cadangan yang terbukti dan kemungkinan mencapai sebesar 83,8 juta pound uranium dari 84,8 juta MT.

Selain itu deposit Namibia juga tersimpan di dalam Trekkopje, yang berada di dekat Rössing dan dimiliki oleh Orano, dan tambang uranium Husab kelas dunia, yang juga mayoritas dimiliki oleh China National Uranium. Husab diperkirakan menampung 224,8 juta pon cadangan uranium.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More