Punya Cita Rasa Tinggi, Kopi Indonesia Layak Dijual Mahal

Minggu, 22 November 2020 - 07:07 WIB
Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang khas sehingga banyak diminati pecinta kopi. Namun, seringkali kopi Indonesia dianggap mahal dibandingkan kopi lainnya.

Menurut Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Syafrudin, faktor mahal akan dikalahkan oleh cita rasa yang betul-betul sempurna dari kopi Indonesia. Selain itu, di dalam kopi Indonesia terkandung nilai kerja dari petani kopi.

( )

"Ini yang tidak dipunyai kopi luar negeri. Jadi kita beli kopi yang sedikit lebih mahal karena punya itikad untuk mendukung petani kopi Indonesia," ujarnya pada acara dialog kopi "Kulak Kulik Nikmatnya Bisnis Kopi" secara virtual, Sabtu (21/11/2020).

Dia menuturkan, kopi terbaik yang dihasilkan petani sebanding dengan proses panjang yang dilaluinya. Mulai dari proses menanam hingga pengolahan kopi. "Dengan membayar sedikit mahal maka secara tidak langsung kita mendukung petani Indonesia," imbuhnya.



( )

Syafrudin melanjutkan, SCAI bersama pemangku kepentingan terkait juga melakukan pembinaan terhadap petani kopi dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi Indonesia. "Kami juga bersama BI melakukan pembinaan petani kopi dan memberikan akses pasar untuk ekspor," tandasnya.
(ind)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More