Wamendag Optimis RI Menangi Gugatan Biodiesel Sawit di WTO

Rabu, 09 Desember 2020 - 05:57 WIB
Selain itu, Indonesia juga sudah berkomitmen untuk menjaga hutannya. Banyak negara Eropa yang saat ini tinggal mempunyai tutupan hutan sebesar 11%, sementara Indonesia jauh lebih besar dari itu. Menurut Jerry, komitmen lingkungan Indonesia juga terus diperbaharui dalam industri sawit. Indonesia punya standardisasi ISPO dan RSPO. Indonesia juga terus memenuhi standardisasi lingkungan di negara-negara tujuan.

(Baca Juga: Dibanding Minyak Nabati Lainnya, Sawit Dianggap Enggak Rakus Lahan)

Dampak positif bagi lingkungan dari kelapa sawit juga ada dalam peluang pengembangan energi hijau. Saat ini Indonesia tengah menjalankan program penggunaan biodiesel secara bertahap mulai dari B20, B30, hingga mencapai biodiesel secara keseluruhan (100%). Dengan begitu diharapkan terjadi alih sumber energi secara massif dari energi tak terbarukan menjadi energi yang terbarukan.

"Fakta-fakta itu harus diinformasikan secara baik ke publik sehingga perspektif publik menjadi makin positif. Dan itu harus dilakukan secara massif ke berbagai segmen, baik pembuat kebijakan, kelompok pejuang lingkungan dan dunia pendidikan," tandasnya.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More