Ramalan Bank Dunia ke Indonesia Bisa Terjadi Jika Pemerintah Lakukan Ini

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:17 WIB
Pemerintah Indonesia nampaknya harus bekerja keras agar ramalan Bank Dunia tentang Indonesia bisa terwujud pada tahun ini. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah Indonesia nampaknya harus bekerja keras agar ramalan Bank Dunia tentang ekonomi Indonesia tumbuh 4,4% bisa terwujud. Ekonom Ryan Kiryanto mengatakan, pemerintah harus tiga lakukan game changer untuk pulihkan Indonesia. Di antaranya omnibus law, vaksin massal dan protokol kesehatan.

"Game changer 1: Omnibus Low Cipta Kerja yan bisa segera dikerjakan dengan serius. Game changer 2: Vaksinasi massal hingga akhir 2021 berjalan lancar tanpa gangguan atau kendala atau hoax yang tidak bermutu. Game changer 3: kepatuhan masyarakat menjalankan prokes 3M secara disiplin sehingga flattening the curve tercapai sesuai standar WHO," kata Ryan saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

(Baca Juga: Masih Rapuh, Tapi Bank Dunia Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh Tembus 4,4% )

Jika ketiga game changers tadi bekerja optimal, kegiatan ekonomi, investasi, konsumsi dan keuangan akan bisa bergerak lebih cepat. Ekonomi Indonesia bahkan diyakini bisa mencapai 5-6% pada tahun ini.

"Jadi perkiraan world bank yang 4,4% logis. Jika 3 (tiga) game changers ini berjalan dengan baik di 2021, PDB Indonesia bisa mencapai 5%-6%," bebernya.



(Baca Juga: Vaksin jadi Game Changer! Menko Airlangga: Optimistis, Ekonomi RI Tumbuh 5% Tahun Ini )

Lalu terang dia, tidak ketinggalan Inflasi naik ke kisaran 2-2,5% dan konsumsi rumah tangga tumbuh 5%. Pertumbuhan kredit di kisaran 6-8% sedangkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) bakal di kisaran 8-10%. "Tentunya harus perlu adanya kerja keras dari pemerintah," tandasnya.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More