Pefindo Beri Peringkat AAA untuk Rencana Penerbitan EBA-SP dari SMF

Jum'at, 08 Januari 2021 - 00:50 WIB
Peringkat tersebut dibatasi oleh eksposur debitur dengan kolektibilitas tidak lancar dan tidak berpenghasilan tetap pada kumpulan kredit kepemilikan rumah, dan rasio utang terhadap penghasilan (debt-to-income /DTI) yang di bawah rata-rata.

Kredit EBA-SP SMF-BTN06 bisa saja mengalami pemburukan akibat pandemi Covid-19. Khususnya bila ada pelemahan kemampuan debitur KPR dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Skema relaksasi melalui POJK 11/POJK.03/2020 dapat memberi tekanan arus kas dari kumpulan KPR yang disekuritisasi, dan, jika tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat meningkatkan risiko likuiditas terhadap kewajiban keuangan, termasuk biaya senior dan pembayaran kupon terhadap pemegang efek.

( )

Bank BTN selaku kreditur awal (originator) akan menjual 7.721 kumpulan kredit kepemilikan rumah (KPR) kepada SMF. Berikutnya SMF akan menggunakan kumpulan KPR tersebut untuk menerbitkan efek beragun aset (EBA) menggunakan skema surat partisipasi (SP). Untuk itu, SMF akan menunjuk PT Bank Mandiri Tbk sebagai wali amanat dan bank kustodian untuk transaksi ini.
(ind)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More