Program Langit Biru Dinilai Berdampak ke Kesehatan dan Produktivitas Pekerja

Jum'at, 15 Januari 2021 - 07:21 WIB
Pengaruh Program Langit Biru (PLB) Pertamina pada akhirnya bisa berdampak positif terhadap produktivitas pekerja karena akan meningkatkan kualitas dan kesehatan udara. Foto/Dok
JAKARTA - Pengaruh Program Langit Biru (PLB) Pertamina pada akhirnya bisa berdampak positif terhadap produktivitas pekerja. Hal ini sangat diperlukan, apalagi pada saat pandemi seperti sekarang dimana terjadi penurunan perputaran roda perekonomian.

Anggota Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) Arudji Wahyono menilai Program Langit Biru (PLB) Pertamina akan meningkatkan kualitas dan kesehatan udara yang pada akhirnya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, termasuk pekerja.

"Lebih bagus. Pengaruhnya akan dirasakan pada masyarakat luas yang menghirup udara, termasuk juga para pekerja di jalan, seperti pengemudi angkutan umum," ujarnya di Jakarta.




Terkait hal itu Arudji mendukung perpanjangan PLB Pertamina di berbagai daerah, termasuk Bogor, Depok, dan Sukabumi, mengingat tingkat kepadatan lalu lintas di daerah tersebut cukup padat. Apalagi Kota Bogor yang mempunyai jumlah angkutan umum sangat banyak.



"Sebaiknya memang dilanjutkan. Karena di jalanan, selain masyarakat umum juga banyak dilalui pekerja baik formal dan nonformal, seperti sopir angkutan yang juga bisa memanfaatkan langsung program tersebut," katanya melalui keterangan tertulis.

Menurut dia, perpanjangan program juga akan mendukung tingkat kesadaran masyarakat termasuk pekerja untuk menggunakan BBM yang lebih berkualitas.

Dia menilai masyarakat semakin sadar bahwa kualitas Pertalite lebih baik dibandingkan Premium sehingga mereka merasakan manfaat positif terhadap mesin kendaraan, emisi dan juga kualitas udara.

Sementara itu anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor Anna Mariam Fadhilah juga mengapriesiasi perpanjangan PLB di Kota Bogor karena sangat membantu para pengguna BBM, terutama di saat pandemi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More